KADIN Ingin Manfaatkan SEA Games 2011

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • Vivanews/Marco

VIVAnews - SEA Games 2011 yang digelar di Indonesia pada November mendatang akan dimanfaatkan sebagai momentum oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk mengembangkan industri olahraga.

Selain industrialisasi olahraga, ajang se Asia Tenggara ini ini juga dapat dimanfaatkan untuk merealisasikan program industrialisasi di bidang Promosi International, Pariwisata dan Seni Budaya.

"Bukan hanya sektor olahraga, perayaan SEA Games 2011 di Indonesia merupakan peluang bagi kita untuk mengembangkan sektor-sektor lainnya seperti pelayanan, akomodasi dan hiburan," ujar Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Pengembangan Industri Olahraga, Iman Arif dalam jumpa pers di kantor Kemenpora, Jumat, 5 Agustus 2011.

Dengan alasan inilah, KADIN berencana menggelar Modo & Modi Expo 2011 pertengahan September mendatang, atau dua bulan jelang SEA Games dilaksanakan. Rencananya, pameran tersebut akan digelar di Kota Semarang, di kota tersebut terletak api abadi SEA Games.

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Dalam pameran ini, sejumlah UKM yang memiliki kontribusi dalam hal industrialisasi olahraga akan diikutsertakan. Selain itu, pameran ini juga akan dimeriahkan dengan kegiatan jumpa atlet ternama Indonesia.

"Semoga dengan pelaksanaan pameran ini dapat lebih memasyarakatkan olahraga dan dapat dijadikan wahana untuk menjembatani antara program pemerintah di bidang olahraga dan pencanangan promosi pariwisata," harap Iman.

Sementara itu, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng mengapresiasi langkah KADIN yang dinilai sejalan dengan program Kementerian Pemuda Olahraga.

"Kemenpora saat ini memiliki Bidang Industri Olahraga yang akan kita kembangkan sehingga dapat mendorong olahraga menjadi industri. Baik sarana olahraga maupun even olahraga jadi industri olahraga," ujarnya.

"Sehingga dapat berjalan seiring bagaimana meningkatkan prestasi dan olahraga dapat memberikan sumbangsih dalam bidang perekonomian," ujarnya.

Menurutnya, di negara maju, olahraga telah menjadi sebuah industri, baik sarana maupun even olahraga. Hal inilah yang perlu ditiru oleh Indonesia. "Di Indonesia, olahraga sudah mulai berkembang industrinya. Walaupun masih jauh dari negara maju," tandasnya.

CIti.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Occam menawarkan kemampuan dan fleksibilitas yang diperlukan untuk memastikan eksekusi program CIti yang efektif dan efisien.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024