Olimpiade Dorong Pertumbuhan Ekonomi Inggris

Upacara pembukaan Olimpiade London 2012
Sumber :
  • REUTERS/Suzanne Plunkett

VIVAnews - Pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade, telah dimulai dengan pembukaan yang megah di tengah kelesuan ekonomi Inggris. Goldman Sach memperkirakan Olimpiade London 2012 akan mendorong perekonomian Inggris pada kuartal ketiga ini.

Seperti dikutip morningstar.co.uk, ekonom Goldman Sach, Kevin Daly, memperkirakan, ajang olahraga ini akan menambah belanja terhadap produk domestik bruto (PDB) Inggris antara 0,3-0,4 persen pada kuartal ini. Namun, laporan itu juga mengingatkan manfaat ekonomi jangka pendek dalam Olimpiade itu akan berbalik pada kuartal empat.

Perkiraan ini datang dari Badan Statistik Nasional Inggris yang melaporkan penurunan tajam aktivitas ekonomi pada kuartal dua. Inggris saat ini menghadapi konsekuensi penurunan ekonomi dalam tiga kuartal. Namun "efek Olimpiade" diperkirakan dapat mengangkat negara ini secara singkat keluar dari kelesuan ekonomi.

Terkait dengan penyelenggaraan Olimpiade, Daly mencatat beberapa arena akan menghasilkan kerugian, sedangkan yang lain memberikan keuntungan. Namun, hal itu masih terlalu dini untuk mengatakan suatu pertandingan akan mencatat keuntungan atau kerugian.

Aurel Hermansyah dan Keluarga Terjebak di Bandara Dubai Berjam-jam, Bisa Pulang ke Indonesia?

Bagaimana pun, pembangunan dan persiapan merupakan kesuksesan tersendiri, terutama penyelesaian infrastruktur yang tepat waktu dan di bawah anggaran 2007.

Daly lalu mengingatkan biaya tambahan bagi penyelenggaraan Olimpiade. Kebanyakan negara, termasuk Inggis, menetapkan biaya fasilitas konstruksi, infrastruktur, keamanan, dan biaya tambahan lainnya terpisah dari biaya pertandingan itu sendiri.

Pertandingan di Olimpiade diperkirakan menimbulkan keuntungan, dalam arti pendapatan akan melebihi biaya pertandingan. Namun, ajang itu juga akan meninggalkan tagihan pemerintah secara signifikan yaitu US$8-9 miliar dari biaya konstruksi, keamanan, dan lainnya. (art)

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan
Ilustrasi logo Mahkamah Konstitusi.

MK Kirim Surat ke Pihak Anies dan Ganjar untuk Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres 2024

Para pihak yang berperkara bakal didudukan dalam satu majelis yang sama di sidang putusan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024