12 Negara Ikuti ASEAN-India Car Rally 2012

Rifat Sungkar di Acropolis Rally
Sumber :
  • Fastron World Rally Team

VIVAnews - Sebanyak 88 perally dari 11 negara Asean dan India mengikuti Asean-India Car Rally 2012 dengan start di Yogyakarta dan finish di Gua Hati, India pada tanggal 20 Desember 2012 bertepatan dengan KTT Asean-India yang akan dihadiri oleh kepala Negara dari Negara Asean dan India. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan juga akan menghadiri pertemuan tersebut.

Asean-India Car Rally 2012 akan diawali dari Yogyakarta dan berakhir di Gua Hati, India dan akan menempuh jarak lebih dari 7000 kilometer melalui negara Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Philipina.

Asean-India Car Rally 2012 merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar oleh Asean dan India setelah pada tahun 2004 yang lalu juga dilakukan kegiatan yang sama meski startnya dimulai dari India dan berakhir di Batam, Indonesia.

Dilepas Director General of ASEAN Coorporation, Ministry of Foreign Affair of the Republic of Indonesia, HE I Gusti Agung Wesaka Puja mengatakan Setelah start dari Yogyakarta, perely langsung menuju Candi Borobudur dan Solo.

Selama di perjalanan, mereka nanti akan diberi berbagai pertanyaan tentang dunia pariwisata, kuliner dan kerajinan khas daerah setempat. “Ini juga sebagai ajang promosi bagi sejumlah obyek wisata yang ada di Indonesia kepada negara Asean dan India,” katanya, Senin 26 November 2012

Setelah tiba di Solo maka peserta relly, peserta langsung terbang menuju Singapura untuk menempuh rute selanjutnya, yakni Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Pilipina dan berakhir di India pada 20 Desember 2012 mendatang.

''Ini kesempatan bagi peserta dari Indonesia, karena selama singgah ke berbagai negara-negara di Asean peserta dari Indonesia wajib mempromosikan dunia pariwisata yang ada di Indonesia,'' katanya. ''Jadi keikutsertaan para perally kita tidak sia-sia,'' tandasnya

Lebih lanjut I Gusti Agung Wesaka Puja mengatakan, event ini merupakan peluang berharga untuk memperkuat hubungan antar negara Asean dan India.

"Kegiatan ini dimaksudkan memperkokoh konektivitas, dan meningkatkan kemakmuran bersama. Tiap negara juga berkesempatan mempromosikan budaya dan dunia pariwisata masing-masing," ujarnya.

Dipilihnya Yogyarta sebagai tempat start Asean-India Car Rally 2012 pasalnya kebudayaan yang ada di sekitar Yogyakarta sangat dekat dengan kebudayaan yang ada di India misalnya dengan keberadaan candi Prambanan yang merupakan peninggalan kebudayaan hindu yang merupakan agama terbesar di India.

"Dilihat dari banyaknya keberadaan candi, peradaban India sudah lama muncul disini. Jika disini ada Candi Parmbanan, negara kami memiliki Taj Mahal," kata Dubes India, Gurjit Singh

Joint Secretary of the India ministry of External Affair Ms Ranu Pall menambahkan, ASEAN-India Car Rally dipilih sebagai instrumen peringatan 20 tahun hubungan ASEAN-India diharapkan bisa meningkatlan konektifitas.

"Konektifitas khususnya ASEAN sangat penting untuk membangun kemajuan bersama," katanya.

Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna selaku Ketua Ikatan Motor Indonesia menambahkan, di lokasi persinggahan nantinya tiap tim peserta akan diberi soal terkait pariwisata dan produk lokal.

Sasarannya, untuk mengenalkan mereka dengan kebudayaan Indonesia khususnya Yogyakarta dan Jawa Tengah. ''Untuk itu, IMI diberi tugas sebagai penyelenggara kegiatan ini,'' katanya.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024