Prabowo Resmi Kembali Pimpin Pencak Silat Indonesia

Prabowo Subianto di deklarasi cagub-cawagub Sumut, Gus Irawan dan Soekirman
Sumber :
  • ANTARA/Septianda Perdana
VIVAnews -
2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
Prabowo Subijanto resmi kembali menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI). Politikus asal Partai Gerindra itu resmi dilantik oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Tono Suratman, Senin, 10 Februari 2013, untuk periode 2012 sampai 2016.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Untuk kali kedua Prabowo memangku jabatan ini setelah periode sebelumnya. Pencapaian pertama yang ingin diusung oleh Prabowo adalah tetap mempertahankan supremasi pencak silat Indonesia, terutama di kawasan Asia. Posisi juara umum SEA Games 2013 di Myanmar pun jadi incaran.
Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona


"Dalam beberapa kejuaraan terakhir kami berhasil jadi juara umum, tapi perlu diingat mulai banyak negara lain yang menyaingi. Di sisi pelajar juga harus terus kita tingkatkan, meski sekarang kita juga masih juara umum," ujar Prabowo dalam jumpa pers pertamanya di gedung KONI, Senayan, Jakarta.


"Kita harus konsentrasi pada SEA Games, target kami harus tetap menjadi juara umum. Pelatnas saat ini sudah berjalan, begitu juga seleksi. Kita juga akan ujicoba ke daerah maupun luar negeri yang rencananya dilaksanakan dua atau tiga bulan ke depan," lanjut mantan Komandan Jenderal Kopasus tersebut.


Tiga ajang internasional sekelas Belgian Open, Islamic Solidarity Games dan Myanmar Open akan dijadikan persiapan khusus buat para atlet SEA Games yang akan tampil Desember nanti.


Prestasi pencak silat di SEA Games 2011 lalu sebenarnya cukup cemerlang. Indonesia saat itu merebut 16 medali dari 24 nomor, dengan torehan 9 emas, 4 perak dan 5 perunggu.


Selain fokus di kawasan Asia Tenggara, PB IPSI juga ingin membawa cabang olahraga khas Indonesia ini ke level internasional. Prabowo siap membangkitkan kembali pencak silat di berbagai belahan dunia.


"Kami akan keliling ke Timur Tengah dan Afrika. Di Asia tengah saat ini sudah berkembang, sedangkan Eropa Timur sudah mulai dipertandingkan. Spanyol dulu juga kuat, sayang sekarang kena krisis," tambahnya.


"Kami sangat ingin membawa pencak silat ke ajang Asian Games atau bahkan Olimpiade. Ini memang berat, tapi juga jadi tantangan kami untuk membesarkan pencak silat," tutur Prabowo.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya