Papua Berambisi Jadi Tuan Rumah PON 2020

Para pelajar sedang latihan pembukaan PON Riau
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizk
VIVAnews
Bonus Berbeda, Atlet Paralympic Ajukan Protes
- Gunernur Papua, Lukas Enembe mengusulkan agar pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional  XX  pada 2020 mendatang diselenggarakan di Papua. Permintaan ini, bahkan sudah disampaikan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

PON XVIII Riau Ditutup, Sampai Jumpa di Jawa Barat

Hal ini, juga disampaikan kepada Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso di DPR, Senin 6 Mei 2013. "Orang Papua kan sudah memberikan sumbangan banyak untuk mengharumkan nama bangsa. Kita sudah meminta Presiden supaya Papua menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020," kata Lukas.
DKI & Jabar Bersaing Ketat, Jatim Melorot


Priyo pun mengaku menyambut baik keinginan tersebut. Untuk itu, Priyo berharap Papua bisa mempersiapkan PON XX pada tahun 2020 mendatang meski sampai saat ini penunjukan itu belum final.


PON XX sendiri saat ini sudah menjadi incaran tiga provinsi yaitu Bali, Sumatera Utara dan Aceh. Masuknya Papua bakal semakin memanaskan bursa calon tuan rumah PON tujuh tahun mendatang.


Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional sendiri sampai saat ini masih terfokus di Indonesia bagian barat saja (16 kali), dan dua kali untuk provinsi di Indonesia Tengah (Makassar 1957 dan Samarinda 2008). Dengan masuknya Papua dipastikan semakin memperlebar animo penyelenggaraan olahraga nasional.


PON XIX yang bakal digelar pada 2016 sendiri kembali akan digelar di pulau Jawa. Kali ini, Jawa Barat yang dapat kesempatan kedua, setelah sebelumnya pernah jadi tuan rumah PON V pada 1961.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya