Tak Cedera Serius Sepanjang 2013, Marquez Dinilai Beruntung

Marc Marquez juara dunia MotoGP 2013
Sumber :
  • REUTERS/Heino Kalis
VIVAbola –
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
Juara dunia MotoGP 2013 asal Honda, Marc Marquez, menuai pujian setelah melewati musim pertamanya di kelas primer dengan gemilang. Namun, pembalap asal Spanyol itu juga dinilai beruntung karena tak cedera serius meski sering crash.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Hal tersebut diutarakan oleh ahli statistik ofisial MotoGP, Dr Martin Raines. Menurutnya, Marquez beruntung tidak seperti dua pesaingnya, Jorge Lorenzo (Yamaha) dan Dani Pedrosa (Honda), yang sempat cedera dan mempengaruhi performanya.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


“Dia merupakan sosok yang sensasional dan bertalenta. Saya pikir, dia sedikit beruntung karena cukup banyak terjatuh tapi mampu mengatasinya dengan baik. Saya pikir dia 13 kali crash, dan mampu mengatasinya, sedangkan Jorge crash tiga kali dan cedera,” ujar Raines, seperti dilansir
Crash
, Kamis 21 November 2013.


“Jadi Marc sedikit beruntung dalam urusan itu, tapi sebagai pembalap, dia adalah salah satu yang tercepat yang pernah saya lihat. Dia juga rookie tercepat yang pernah saya temui,” lanjutnya.


Kendati demikian, Raines juga memuji talenta yang dimiliki Marquez pada musim pertamanya di kelas primer. Pasalnya, tak semua pembalap debutan mampu melakukan aksi sensasional. Sementara Marquez justru mampu menyamai rekor Kenny Roberts (pada 1978), sebagai pembalap debutan yang langsung juara.


“Saya pikir, sebagai pembalap, Marc telah sensasional dan melebihi ekspektasi kita semua. Biasanya pembalap mengalami kesulitan pada tahun pertama mereka (di MotoGP) --bahkan Jorge, Valentino, dan Dani kesulitan. Tapi, dia benar-benar super,” kata Raines. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya