Vietnam Mundur, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2019

Menpora Roy Suryo dan Ketua KOI Rita Subowo
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Vietnam dikabarkan mengundurkan diri sebagai tuan rumah Asian Games 2019. Dengan kondisi ini, Indonesia menyatakan siap untuk bisa menjadi penyelenggara turnamen olahraga multi event terbesar se-Asia itu.

Menurut koran lokal Vietnam, Perdana Menteri Nguyen Tan Dung masih belum puas dengan rencana jadi tuan rumah Asian Games. Nguyen mengatakan hingga sekarang tidak ada laporan yang rinci terkait persiapan Vietnam untuk menyelenggarakan pesta olahraga itu.

"Asian Games bisa dilaksanakan jika sudah disetujui Perdana Menteri. Saya ingin ada rencana yang jelas dan rinci. Kalau tidak jangan harap Asian Games bisa diselenggarakan di Vietnam," tegas Nguyen seperti dilansir Thanhninennews.

Sebenarnya, Indonesia sudah mencalonkan diri untuk bisa menjadi tuan rumah Asian Games 2019 nanti. Namun, pada 8 November 2012 silam, Indonesia kalah dalam proses bidding.

Penyebab lain mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah Asian Games adalah kerasnya gelombang demonstrasi. Rakyat Vietnam tidak menyetujui digelarnya Asian Games dengan alasan biaya yang besar.

Pasalnya, di Vietnam sendiri angka kemiskinan masih cukup tinggi. Dan mereka berharap dana yang akan digunakan untuk Asian Games dialihkan demi program pengentasan kemiskinan.

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?

Indonesia Siap

Mendengar kabar ini, Menpora Roy Suryo mengutarakan niatnya untuk mengambil alih penyelenggaraan Asian Games 2019. Dia memilih Surabaya sebagai tuan rumah Asian Games.

Indonesia pernah menyelenggarakan Asian Games pada 1962 silam. Itu adalah kali pertama  bagi Indonesia. Di kesempatan itu, Indonesia menempati peringkat kedua klasemen akhir perolehan medali di bawah Jepang.

"Pak Menteri memang sudah bicara masalah kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Beliau sempat salah sebut tahun di beberapa media kalau Jawa Timur harus siap-siap jadi tuan rumah Asian Games 2022. Baru tadi malam dia buka file. Dan dia meminta maaf, Asian Games yang dimaksud adalah pada 2019," ucap Juru Bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, di kantornya, Senin 7 April 2014. (ren)

Indonesia Jadi Anggota Penuh Satgas Aksi Keuangan di FATF, Ini Tujuannya
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024