Kena Penalti di GP Americas, Lorenzo Salahkan Nyamuk

Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, di Sirkuit Losail Qatar
Sumber :
  • REUTERS/Fadi Al-Assaad

VIVAnews - Pembalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, harus puas finis di posisi 10 pada seri MotoGP Americas di Sirkuit Austin, Texas, Minggu 13 April 2014 waktu setempat (Senin dini hari WIB). Lorenzo terkena penalti melalui pitstop di akhir lap 1 karena dianggap mencuri start.

Memulai balapan dari posisi 5, Lorenzo terpaksa melorot ke posisi terakhir pada akhir lap 1. Pembalap 26 tahun itu dijatuhi penalti harus masuk pitstop karena melakukan jump start. Itu karena Lorenzo sudah menggeber motor M1 miliknya saat lampu start masih merah.

"Saya tidak memikirkan apapun dan tidak fokus. Saya melakukan kesalahan besar saat start. Ketika sampai di grid, ada banyak nyamuk di dalam helm saya. Saya kemudian melepas pelapis kaca helm, sesuatu yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Hal itu membuat saya tidak fokus," ujar Lorenzo seperti dilansir Crash.

Setelah melepas pelapis kaca helm, Lorenzo mengaku langsung kehilangan fokus. Sebelum lampu hijau menyala, juara dunia MotoGP 2010 dan 2012 itu sudah tancap gas hingga akhirnya memimpin balapan. Sayangnya, Lorenzo kemudian harus masuk pitstop di akhir lap 1 sebagai hukuman karena mencuri start.

"Lampu merah di sini juga terlalu lama, lebih lama dari biasanya. Biasanya, lampu merah sudah menyala ketika kami sampai di grid. Saya tidak tahu kenapa. Ketika melihat lampu merah menyala, saya langsung seperti banteng, langsung menarik gas," papar Lorenzo.

"Saya melakukan start terbaik sepanjang karier, tapi sayangnya itu ilegal. Jadi saya harus masuk pitstop untuk membayar penalti. Saya tidak menunggu pesan, dan langsung masuk pitstop. Setelah itu saya berusaha sekuat mungkin untuk meraih hasil terbaik," sambungnya.

Sempat berada di posisi paling buncit, Lorenzo berusaha keras pada balapan dini hari tadi. Lorenzo pun sukses meraih 6 poin setelah finis di posisi ke-10.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Torehan 6 poin adalah angka pertama yang diraih Lorenzo musim ini. Pada balapan pembuka di MotoGP Qatar, 23 Maret 2014 lalu, Lorenzo gagal finis setelah mengalami kecelakaan di lap 1.

"Saya ingin mengucapkan minta maaf kepada tim, karena saya sudah menghancurkan balapan kami. Tapi, setidaknya saya tidak mengalami kecelakaan. Karena biasanya, dengan situasi dan tensi balapan seperti ini, Anda melakukan kesalahan dan mendapatkan cedera," tegas Lorenzo. (one)

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016