Sambut Turnamen Golf Bergengsi di Tengah Semangat Kemerdekaan RI

Jumpa pers Annual Independence Day Golf Invitational (INDI)
Sumber :
  • VIVAnews/Anry Dhanniary

VIVAnews - Turnamen golf anyar kelas nasional bakal bergulir bulan Agustus mendatang. 17 golfer terbaik tanah air akan bertarung pada edisi pertama Annual Independence Day Golf Invitational (INDI) 2014 dalam menyambut kemerdekaan Indonesia ke-69.

Pondok Indah Golf Course akan menjadi tuan rumah turnamen dengan total hadiah Rp 400 juta tersebut. Rencananya, turnamen Independence Day Golf Invitational nanti akan digelar sejak 14 sampai 17 Agustus 2014.

Tapi, ada beberapa perbedaan di turnamen ini dengan turnamen golf biasanya. Turnamen menyambut ulang tahun Republik Indonesia itu hanya bisa diikuti oleh atlet dibawah 30 tahun saja. Sembilan pemain profesional dan delapan yang berstatus amatir.

"Tujuan utama adalah mencari bibit-bibit pemain muda. Kami harapkan setiap tahun akan muncul bintang-bintang golf Indonesia yang baru," ujar chairman Pondok Indah Golf Course, Budi Kosasih, dalam jumpa pers hari Minggu, 6 Juli 2014.

Satu hal lagi yang berbeda dari turnamen INDI adalah sistem pemberian hadiah. Prize money tidak hanya diberikan pada pemain profesional saja tapi juga pada para pemain yang masih berstatus amatir juga.

Bedanya, hadiah uang total Rp 400 juta tersebut akan diberikan sebagai dana pembinaan jika para pemain amatir menjadi juara. Uang hadiah akan diserahkan pada klub atau organisasi yang menaungi si pemain.

"Karena peraturannya pemain amatir tak boleh menerima prize money. Kami tak ingin mereka kena diskualifikasi di turnamen lain karena itu. Namun, yang pasti ada balasannya," imbuh Budi.

Menurut Budi, konsep kejuaraan ini adalah pembangunan berjenjang menuju masa depan. Selain itu, ingin memutus anggapan kalau olahraga golf hanya untuk kalangan menengah ke atas saja.

Turnamen INDI juga diharapkan bisa menjadi turnamen paling bergengsi antara pemain golf nasional, baik pro maupun amatir. Rencananya, tahun depan tiket menuju ke Independence Day Golf Invitational 2015 hanya akan diberikan pada 17 golfer terbaik tanah air.

"Hanya akan 17 peserta. Jadi kompetisi nanti pada 17 agustus dan diikuti 17 pemain terbaik Indonesia. Kompetisi masih banyak dan mengundang atlet asing," ucap salah satu pengagas turnamen, Peter F. Gontha, menambahkan.

"Tapi, kali ini konsentrasi khusus Warna Negara Indonesia. Kami ingin
Menginspirasi generasi muda agar lebih mengenal olahraga ini," lanjut bos Java Production tersebut.

Salah satu golfer top Indonesia yang akan tampil adalah George Gandranata. Pemain golf yang menyumbang satu medali perak dan satu medali perunggu di SEA Games 2011 tersebut menilai turnamen macam Independence Day Golf Invitational Tournament mampu melecut semangat atlet muda.

"Turnamen ini sangat membantu perkembangan golf di Indonesia. Secara profesional, kami bisa mendapat pengalaman lebih. Poin kami semakin baik dari kompetisi ke kompetisi, jadi turnamen ini sangat membantu perkembangan kami," ujar George pada wartawan.

"Untuk Amatir, turnamen seperti ini adalah kesempatan besar untuk mengasah penampilan. Jika kami ingin dapat medali emas SEA Games, ini peluang untuk mencari pengalaman," tambah golfer nomor satu Indonesia tersebut.

Daftar 17 pegolf nasional yang akan tampil di Garuda Indonesia Annual Independence Day Golf Invitational:

Profesional:
1. George Gandranata
2. Ian Andrew
3. Rinaldi Adiyandono
4. Jordan Irawan
5. Benny Kasiadi
6. Fajar Win Nuryanto
7. Putra Abhinawa Sahari
8. Hendry Nasim
9. Bramantiyo Adhi

Amatir:
10. Tirto Tamardi
11. Kevin Caesario Akbar
12. Fadhli Rahman Soetarso
13. Bobby Cahyo Adhitomo
14. Elki Kow
15. Yumaira Salmun
16. M. Seandy Alfarabi
17. Daniel Wirawan

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

(ren)

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024