Michael Jordan Cetak Rekor Atlet Terkaya

Legenda NBA, Michael Jordan
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Kenang Kobe Bryant, NBA Perkenalkan Desain Baru Trofi MVP All-Star
- Legenda bola basket Amerika Serikat, Michael Jordan, menciptakan rekor sebagai atlet profesional terkaya. Mantan pemain Chicago Bulls itu menjadi atlet pertama yang memiliki kekayaan lebih dari US$1 miliar.

LA Lakers Resmi Berikan Kontrak Reguler pada Stanley Johnson

Hal itu terungkap menyusul laporan kekayaan Jordan yang dirilis
Patung Kobe Bryant dan Putrinya Didirikan di Lokasi Kecelakaan
Forbes . Kekayaan pria 51 tahun itu, yang mencapai US$1 miliar, didapat sebagian dari jabatannya sebagai pemilik tim bola basket NBA, Charlotte Hornets. Total, Jordan saat ini memiliki 89,5 persen saham tim yang dulunya bernama Charlotte Bobcats tersebut.


Pada Januari 2014,
Forbes
menaksir harga jual Hornets hanyalah sekitar US$410 juta (setara Rp4,8 triliun). Namun, semuanya berubah ketika Milwaukee Bucks berhasil terjual hingga US$550 juta (setara Rp6,4 triliun). Padahal Bucks dianggap sebagai tim yang memiliki nilai jual terendah di ajang NBA.


Forbes kemudian melaporkan nilai jual Hornets saat ini mencapai antara US$600 juta hingga US$625 juta. Namun, tim yang dilatih Steve Clifford tersebut masih memiliki utang sekitar US$135 juta (setara Rp1,5 triliun).


Ditambah dengan kekayaan Jordan di luar Hornets yang mencapai US$750 juta (setara Rp8,7 triliun), maka peraih lima gelar cincin NBA itu saat ini memiliki total kekayaan mencapai US$1,16 miliar (setara Rp13,6 triliun). Dengan demikian Jordan menjadi atlet profesional pertama yang memiliki kekayaan lebih dari US$1 miliar.


Menariknya, Jordan sudah pensiun menjadi atlet sejak 1999. Pendapatan terbesar didapat Jordan dari royalti "Air Jordan" Nike, yang mencapai US$60 juta (setara Rp703 miliar) per tahun. Jordan juga mendapat pemasukan sebagai ikon produk Gatorade, Hanes, Upper Deck, 2K Sports, Presbyterian Healthcare, dan Five Star Fragrances. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya