Menpora dan KONI Dukung Penuh, Bridge Siap Unjuk Gigi

HUT PB GABSI dihadiri Ketua KONI, Tono Suratman (putih)
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus memberikan dukungan penuh pada cabang olahraga yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Salah satunya yaitu bridge, yang ingin unjuk gigi di 2015.

Prestasi cabang bridge Indonesia memang patut diacungi jempol. Merajai kawasan ASEAN dan juga saat ini berhasil menempatkan satu pasangan sebagai pasangan terbaik di Kejuaraan Dunia 2014 kemarin.

Dukungan ini ditunjukan Kemenpora dengan mendorong cabang olahraga bridge untuk bisa dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIII/2015 di Jawa Barat.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Hal itu diungkapkan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, ketika bertemu dengan Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PB GABSI) Eka Wahyu Kasih di Gedung PP Itkon Kemenpora, Kamis, 18 Desember 2014.

Dalam pertemuan itu, Djoko mengapresiasi PB GABSI yang telah melakukan pembinaan dengan baik dan mendorong agar pembinaan bridge dapat dilakukan melalui sekolah-sekolah. Selain itu untuk mengupayakan bridge juga dipertandingan di ajang ASEAN School Games.

Ekwahyu menilai dukungan yang diberikan oleh Kemenpora dan KONI Pusat semakin mengokohkan program pembinaan prestasi bridge yang bertekad meraih gelar juara dunia bukan hanya pada kategori senior dan ladies, tetapi juga kategori pelajar, mahasiswa dan junior.

Target tinggi pun  diusung oleh GABSI sepanjang tahun 2015 mendatang, yaitu berhasil menjadi juara tidak hanya di kawasan Asia Pasifik saja tapi juga dunia.

“Kami akan segera membentuk tim nasional yang terdiri dari senior team, open team, ladies team dan junior team paling lambat pada Januari 2015. Tahun depan kita juga akan mengikuti dua kejuaraan besar yaitu kejuaraan Asia Pasifik dan kejuaraan Dunia dan menargetkan bisa menjadi juara di dua turnamen itu,” kata Ekawahyu.

Tidak hanya itu, PB GABSI juga mendapat kado manis bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 yang jatuh pada 14 Desember setelah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menetapkan bridge sebagai olahraga inti di PON Remaja II tahun 2017 di Jawa Tengah. Sebelumnya, bridge dipertandingkan sebagai cabor eksibisi di PON Remaja I/2014 di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

“Melihat data prestasi yang telah dicapai bridge pada 10 tahun terakhir dan juga suksesnya eksibisi di PON Remaja I, kami memutuskan untuk menjadikan bridge cabang inti di PON Remaja II. Kami juga akan berjuang memasukan bridge untuk bisa dipertandingkan di Asian Games 2018,” ucap Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Pada PON Remaja I yang berlangsung 9-15 Desember 2014, cabor bridge diikuti 12 Provinsi dengan empat nomor dipertandingkan yaitu beregu putra-putri dan pasangan putra-putri. Pada even kali ini, Jatim tampil perkasa dengan merebut medali emas pada semua nomor yang diperandingkan.

Cabang bridge juga saat ini sedang didorong untuk kembali dipertandingan pada SEA Games 2017 dan juga Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia.

Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015
Yapnas Charity Golf Tournament 2013

GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda

Turnamen golf GGI 2015 akan dihelat pada akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2015