Laporan dari Singapura

Piala Dunia 2019, Target Berikutnya Timnas Basket Indonesia

Pebasket putra Indonesia Ebrahim Lopez Enguio
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
VIVA.co.id
Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi
- Presiden SEABA, Erick Thohir, mengaku kagum dengan penampilan yang ditunjukkan timnas basket putra Indonesia. Meski kalah, Erick menganggap Mario Wusyang dan kawan-kawan sudah bermain dengan sangat baik.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

"Ya, pertandingan tadi luar biasa. Indonesia bermain dengan sangat baik. Memang akhirnya kalah, tapi itu menunjukkan bahwa sebenarnya level Indonesia tak berbeda jauh dengan Filipina," kata Erick saat ditemui usai laga di OCBC Arena.
5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI


Erick juga menilai, sebenarnya kualitas pebasket Indonesia tak berbeda jauh. Pemain-pemain macam Arki Dikania Wisnu dan Mario Wusyang dianggap memiliki kualitas yang setara dengan beberapa bintang Filipina.


Hanya saja, faktor postur membuat Indonesia masih kesulitan dalam mengimbangi permainan Filipina di laga tadi. "Kalau tak salah, Filipina pakai naturalisasi tadi ya. Tingginya sekitar 2 meter. Nah, Indonesia selalu kesulitan soal masalah ini. Tapi, saya yakin basket Indonesia masih bisa lebih berkembang. Tak pakai naturalisasi saja bisa bermain seperti ini," ucap Erick.


Kegagalan meraih medali emas di SEA Games 2015, dianggap Erick, bukan akhir bagi basket putra Indonesia.


Pria yang juga menjabat sebagai Komite Eksekutif FIBA tersebut menilai prestasi di SEA Games kali ini bisa menjadi bekal untuk menghadapi tiga turnamen lain hingga 2019 mendatang. Tercatat, ada ajang SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan Piala Dunia Basket 2019.


"Kualifikasi Piala Dunia Basket sekarang format penyisihannya macam Piala Dunia di sepakbola. Jadi, home and away. Hasil ini bisa dijadikan pedoman dalam persiapan Indonesia menghadapi SEA Games 2017, Asian Games 2018, dan kualifikasi Piala Dunia Basket 2019," tutur Erick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya