Menpora: Kegagalan SEA Games 2015 Sepenuhnya Salah Saya

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
VIVA.co.id
Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi
- SEA Games 2015 menjadi masa-masa kelam bagi kontingen Indonesia. Peringkat 5 di klasemen perolehan medali jadi rekor terburuk tim Garuda, mengulang kegagalan SEA Games 2005 lalu. Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, pun ingin segera membuat perubahan.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Pada SEA Games di Singapura, Indonesia gagal tampil maksimal. Total, kontingen Merah Putih hanya mengumpulkan 47 emas, 61 perak, dan 74 perunggu. Indonesia kalah 15 keping emas dari kontingen Malaysia yang berada di posisi 4.
5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI


“Saya merasakan langsung semangat para atlet. Saya juga merasakan ketika cita-cita kandas, tidak sedikit yang menangis dan saling menyalahkan. Namun, itu tidak boleh disesali. Tinggal bagaimana semua harus satu niatan untuk memperbaiki. Saya pribadi tidak mungkin menyalahkan siapa-siapa," ujar Imam saat acara Workshop Evaluasi SEA Games ke-28 Singapura di Aula Wisma Menpora, Jakarta, Kamis, 25 Juni 2015.


"Saya harus berani menyatakan apapun hasilnya, ini kegagalan Menpora. Namun, yang paling penting, saya berharap semua pihak harus terbuka. Tidak boleh ada satupun yang ditutup-tutupi," tegas Menpora dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.


Pada acara ini, semua pemangku kepentingan olahraga di Indonesia hadir. Seperti Ketua Umum KOI Rita Subowo, Ketua Umum KONI Tono Suratman, Pengurus Cabor, Ketua Satlak PRIMA Suwarno, hingga CDM Kontingen Indonesia Taufik Hidayat memaparkan hasil evaluasi di SEA Games.


Setelah mempelajari laporan-laporan tersebut, Menpora menyatakan bahwa pihaknya tidak segan-segan mengambil langkah perubahan demi perbaikan.


"Saya sudah terlanjur dihina, dicemooh, dan dicaci-maki, maka apapun risikonya, saya minta hasil evaluasi ini seterbuka mungkin, dan saya akan cermati betul nanti hasilnya, serta saya ambil keputusan terbaik setelah itu," tegas Imam.


Setelah ini, Indonesia akan mempersiapkan diri untuk tampil di ajang SEA Games 2017 yang bakal berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Sebelum menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya