9 Fakta Menarik Jelang Balapan F1 GP Inggris

Lewis Hamilton
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id –
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
Balapan Formula 1 (F1) GP Inggris akan berlangsung pada Minggu 5 Juli 2015. Adu balap mobil jet darat pada seri ke-9 ini akan berlangsung di Sirkuit Silverstone dengan melakoni sebanyak 52 laps.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Lewis Hamilton berpeluang kembali meraih podium pertama seperti di musim lalu, bila melihat performanya yang kian impresif di musim ini. Belum lagi, sirkuit Silverstone merupakan lintasan yang cukup ramah dengan para pembalap lokal.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


Para pembalap akan mulai turun ke lintasan pada Jumat 3 Juli 2015 pukul 16.00 WIB. Sebelum menyaksikan adu balap jet darat tersebut, kita simak beberapa fakta menarik dari GP Inggris yang berhasil dirangkum dari situs resmi F1.


Berikut fakta-fakta di F1 GP Inggris:

1.
Balapan pada Minggu nanti, akan menjadi balapan F1 ke-49 yang digelar di Sirkuit Silverstone. Hanya ada 2 sirkuit yang lebih banyak menjadi tuan rumah balapan F1 yakni Monza (64 kali) dan Monte Carlo (62 kali). Ketiga sirkuit tersebut juga menjadi tuan rumah F1 saat seri pertama balapan ini digelar pada 1950 silam.


2.
GP Inggris adalah seri menggelar F1 untuk kali pertama pada 1950. Giuseppe ‘Nino’ Farina memenangi balapan dengan Alfa Romeo. Di dua tahun berikutnya (1951 dan 1952), GP Inggris dimenangi oleh pembalap Italia lainnya, Alberto Ascari. Itu artinya tiga seri pertama GP Inggris dimenangi orang Italia, namun sejarah tersebut tak pernah terulang lagi sampai saat ini.


3.
Dari 48 balapan yang sudah berlangsung di Silverstone, 17 di antaranya dimenangi oleh para pembalap asal Inggris. Pembalap yang pertama kali meraih podium pertama di Silverstone adalah Peter Collins.


4.
Jim Clark sudah memenangi 5 kali balapan GP Inggris di Silverstone, dan hanya Alain Prost yang bisa menyamai rekor tersebut. Clark masih memegang rekor dengan jumlah lap terbanyak saat memimpin balapan yakni sebanyak 365 putaran.


5.
Ferrari menjadi tim tersukses di sepanjang sejarah GP Inggris,  total sudah meraih 16 kemenangan. Dari 16 kemenangan tersebut, 13 di antaranya diraih pabrikan asal Italia tersebut di Silverstone. Sisanya diraih di Aintree (1961) dan Brands Hatch (1976 serta 1978).


6.
Para pembalap F1 musim ini, ada Fernando Alonso dan Lewis Hamilton sama-sama sudah 2 kali jadi juara GP Inggris. Sedangkan Kimi Raikkonen, Sebastian Vettel dan Nico Rosberg masing-masing meraih 1 kemenangan.


7.
Fernando Alonso sudah 6 kali naik podium di GP Inggris, dan hanya kalah 1 catatan dari Alain Prost dan Michael Schumacher. Ironisnya, Jenson Button tak pernah menang di depan publiknya sendiri. Padahal, dia adalah pembalap dengan jumlah penampilan terbanyak di GP Inggris.


8.
Untuk pole position, Alonso menjadi pembalap yang paling sering start terdepan di Silverstone dengan jumlah 3 kali. Sayangnya, di Silverstone pembalap jarang bisa menang dari pole position. Dari 20 balapan terakhir cuma 4 peraih pole bisa menuntaskan race di podium teratas.


9.
Balapan terlama di Silverstone terjadi pada 1956, yakni menghabiskan waktu 2 jam 59,47 detik. Sementara itu, balapan terpendek adalah pada 1985 dengan hanya menghabiskan waktu 1 jam 10,436 detik. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya