Rio Haryanto Kumandangkan Indonesia Raya di GP2 Inggris

Rio Haryanto saat juara GP2 Inggris
Sumber :
  • Twitter GP2
VIVA.co.id
Rio Haryanto Bersedia Jadi Pembalap Cadangan Manor
– Rio Haryanto akhirnya berhasil mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Sirkuit Silverstone, Inggris. Ini menyusul kemenangan yang didapat pembalap Tanah Air itu pada
sprint race
Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio
GP2 Inggris 2015, Minggu 5 Juli 2015.
Kisah Pahit Rio Haryanto di F1

Beruntung bagi Rio bisa mengawali balapan dari
pole position
, karena meraih posisi ke-8 usai Arthur Pic dan Jordan King terkena hukuman penalti. Pada
sprint race
GP2, memang menganut sistem
start
terbalik untuk pembalap yang menempati posisi delapan besar di
feature race.


Pembalap Campos Racing langsung nyaman memimpin jalannya balapan dari lap-lap awal. Bahkan, dia sempat mencatat waktu putaran tercepat dengan 1 menit 42,636 detik kala baru melakukan 2 putaran saja.


Dalam balapan yang tidak memakai
pit stop
dan berlangsung sebanyak 21 laps ini, banyak terjadi beberapa kejutan. Seperti pembalap Alexander Rossi yang mendapat penalti pengurangan lima detik, karena melakukan pelanggaran saat akan melewati Alex Lynn.


Rio akhirnya berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir dengan catatan waktu 36 menit dan 27,949 detik dengan waktu terbaiknya 1 menit 40.659 detik. Ini menjadi kemenangan ke-3 Rio pada musim ini, setelah sebelumnya menang di GP Bahrain dan Austria.


Hasil ini juga kian memanaskan persaingan di klasemen pembalap GP2 musim ini, dengan masih menyisakan lima seri lomba lagi. Rio saat ini menempati peringkat ke-3 dengan 91 poin, dan Stoffel Vandoorne masih berada di puncak klasemen.


Secara keseluruhan pada lomba GP Inggris ini, Rio Haryanto mengoleksi 19 poin, dengan rincian 4 poin diraih pada Race 1 dan 15 poin di Sprint Race atau Race 2. Balapan seri berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Hungaria, 25-26 Juli mendatang. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya