10 Fakta dan Statistik Menarik Tentang MotoGP Jerman

Marc Marquez juara di MotoGP Jerman
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- MotoGP musim ini telah memasuki seri 9 dan bakal dihelat di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada 10-12 Juli 2015. Pembalap Yamaha, Valentino Rossi, bakal berusaha meraih poin terbanyak, demi mempertahankan puncak klasemen.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Namun, pembalap Honda, sekaligus juara bertahan Marc Marquez, menjadi pembalap dengan catatan terbaik saat berlaga di Sachsenring dalam dua musim terakhir. Dia selalu menjadi pemenang dan mencatatkan waktu lap terbaik.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Hal tersebut hanyalah satu dari sejumlah fakta menarik tentang MotoGP Jerman. Dikutip dari situs resmi MotoGP, hal menarik lainnya adalah bahwa semua pemenang (tiga kelas berbeda) pada musim lalu mengawali balapan dari posisi terdepan.

Sementara itu, dalam sejarahnya, Sachsenring awalnya dianggap sebagai sirkuit yang terlalu berbahaya. Namun, sejak 1998, Grand Prix Jerman selalu dihelat di Sachsenring. Usai mengalami beberapa perubahan, jarak Sachsenring kini adalah 3,671 km.


Berikut fakta dan statistik menarik MotoGP Jerman:

1.
GP yang pertama dihelat di Jerman adalah GP Jerman Barat di Sirkuit Solitude pada 1952. Disaksikan 400 ribu penonton, event itu dimenangkan pembalap Irlandia, Reg Armstrong, pada 350cc dan 500cc, Rudi Felgenheier pada 250cc dan Werner Haas pada 125cc


2.
GP pertama di Jerman Timur dihelat di Sirkuit Sachsenring pada 1961, dan sirkuit asli yang digunakan bertipe tertutup dengan panjang 8,73 km. GP Jerman Timur di Sachsenring terus digelar sampai disetop pada 1972, karena dinilai terlalu berbahaya.


3.
GP Jerman Barat terus dihelat tiap tahun hingga 1990, saat Timur dan Barat bersatu. Dalam periode 1952-1990, ada empat sirkuit yang digunakan, yaitu Solitude, Schotten, Nurburgring, dan Hockenheim.


4.
Dari 1991 hingga 1994, GP Jerman diselenggarakan di Sirkuit Hockenheim. Tiga tahun berikutnya, balapan digelar di Nurburgring. Dan, sejak 1998, Sirkuit Sachsenring lah yang digunakan sampai sekarang.


5.
Sirkuit Sachsenring baru lalu dibangun dengan panjang 3,508 km. Modifikasi terbesar terjadi pada 2001, dan sedikit penyesuaian pada 2003, menghasilkan lintasan berpanjang 3,671 km. Kini, Sachsenring menjadi trek terpendek di antara GP lainnya.


6.
Sejak GP Jerman kembali ke Sachsenring pada 1998, ada enam pembalap tuan rumah yang naik podium. Namun, tak ada yang melakukannya di kelas primer/MotoGP.


7.
Sejak memperkenalkan MotoGP dengan motor 4 tak pada 2002, Honda menjadi manufaktur paling sukses di Sachsenring, dengan koleksi sembilan kemenangan. Diikuti Yamaha dengan tiga kemenangan dan Ducati yang merah satu kemenangan.


8.
Tiga pembalap (MotoGP, Moto2, 125cc) yang menang di MotoGP Jerman tahun lalu, Marc Marquez, Dominique Aegerter, dan Jack Miller, semuanya merupakan pengisi
pole.


9.
Dalam dua tahun terakhir, Marc Marquez selalu meraih
pole
pada kelas MotoGP, memenangi balapan, dan juga mencatatkan waktu lap terbaik.

 

10.
Pada MotoGP Jerman tahun lalu, cuaca berubah-ubah. Hal tersebut membuat 14 pembalap MotoGP masuk
pit-lane
dan mengganti motor mereka usai
warm-up lap
. Akibatnya mereka mesti memulai balapan dari
pit-lane.
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya