Ini Target Indonesia di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2015

Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/SAPTONO

VIVA.co.id - Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) memasang target tinggi pada Kejuaraan Dunia IWF yang akan digelar di Houston, Amerika Serikat, 20-29 November 2015. Pada event yang juga menjadi kualifikasi akhir menuju Olimpiade Brasil 2016 ini, PABBSI menurunkan sembilan lifter.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya

Tujuh di antaranya akan bertarung di nomor putra, termasuk Eko Yuli Irawan dan Triatno. Selain itu, PABBSI juga akan menyertakan dua nomor putri.

Pelatih timnas angkat besi, Dirja Wiharja, sudah menyiapkan atletnya. Dia mengatakan, program yang mereka jalani sejauh ini berjalan cukup baik.
Mantan atlet nasional tersebut itu bahkan berani memasang target tinggi di babak kualifikasi nanti, yakni tambahan kuota bagi Indonesia di Olimpiade 2016.

"Kualifikasi yang sudah digelar November 2014 lalu menunjukkan kalau Indonesia dapat jatah lima putra dan dua putri di Olimpiade Brasil. Kami harus mempertahankan jatah ini. Tapi, saya targetkan bisa bertambah," kata Dirja saat ditemui di Indonesia Sports Medicine Centre, Kamis, 30 Juli 2015.

Target tersebut dipastikan tak akan diraih dengan mudah. Dirja menyebut saat ini perkembangan para pesaing Indonesia, khususnya Tiongkok dan Korea Utara, sudah sangat pesat. Namun absennya cabang angkat besi di SEA Games 2015 sedikit membantu Indonesia dalam menyembunyikan kekuatan pasukannya.

Hendra Setiawan Ungkap Rencana Masa Depan Kariernya

"Absennya kami di SEA Games 2015 sebenarnya juga jadi keuntungan. Kekuatan Indonesia tak bisa dilacak. Tapi, kami harus mengejar ketertinggalan karena negara-negara lain macam Tiongkok dan Korut sudah sangat maju," ujar Dirja.

Sementara itu, lifter andalan Indonesia Eko Yuli, menyatakan saat ini sudah sangat siap menghadapi babak kualifikasi. Namun, Eko dan rekan-rekannya tak mau terbebani dengan target penambahan jatah berlaga di Olimpiade Brasil

Eko menyatakan saat ini dia dan rekan-rekannya tengah fokus mempertahankan prestasi yang sudah ditorehkannya pada kualifikasi November 2014. "Yang bulan 11 nanti kan kualifikasi terakhir. Kami pastinya akan berusaha yang terbaik untuk Indonesia. Target utama tentunya bisa meneruskan tradisi medali Indonesia di Olimpiade Brasil nanti," tutur Eko.

Fehaid Al-Deehani jadi atlet tanpa negara pertama peraih emas Olimpiade

Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade

Dia jadi atlet independen karena negaranya dihukum IOC.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016