Duel 2 Pria 'Buas' Bikin Tinju Kelas Berat Memanas Lagi

Wladimir Klitschko (kanan)
Sumber :
VIVA.co.id
Reaksi Sedih Petinju China, Setelah Mengira Menang
- Dalam beberapa tahun belakangan, daya tarik tinju kelas berat tampak merosot. Namun, bersiap saksikan pertarungan dua petinju "buas", Wladimir Klitschko dan Tyson Fury, pada Oktober 2015 mendatang.

Hendak Perkosa PRT, Petinju Olimpiade Dipenjara
Keduanya akan bertemu di Dusseldorf, Jerman, pada 24 Oktober mendatang. Tak tanggung-tanggung, pertarungan tersebut akan memperebutkan lima sabuk juara mulai dari WBA (Super), IBF, WBO, IBO dan gelar juara kelas berat The Ring.

LIVE tvOne: Laga Bersejarah Manny Pacquiao
Kenapa pertarungan tersebut jadi menarik? Klitschko merupakan petinju veteran berusia 39 tahun dan merupakan juara tak terkalahkan sejak 2006. Nama pemilik rekor tanding 64 menang (53 KO) dan tiga kalah itu merupakan salah satu nama besar dunia tinju.

Pria Ukraina tersebut merupakan adik dari Vitali Klitschko, yang merupakan mantan juara dunia kelas berat dan saat in menjabat sebagai walikota Kiev. Nama Klitschko bersaudara pun sudah terkenal.

Situasi tersebut mirip dengan Fury, yang memiliki garis darah tinju dalam keluarganya. Ayahnya adalah John "Gypsy" Fury yang dikenal sebagai petinju pada 1980-an. Dua saudaranya adalah juara kelas berat. Saat ini, pelatih yang namanya terinspirasi dari Mike Tyson itu adalah pamannya sendiri.

Memulai karir pada 2009, nama Fury melejut mulai medio 2011 sampai 2014 kemarin ketika mulai merebut sabuk juara intercontinental dan juga gelar juara dunia WBO. Pria 26 tahun itu saat ini mencatatkan 24 kemenangan (18 KO) dan belum pernah kalah.

Badan Sama Besar

Ada satu lagi hal menarik yang dinantikan dari pertarungan tersebut. Biasanya Klitschko yang memiliki badan lebih meyakinkan dari pada lawannya, tapi tidak saat harus menghadapi Fury nanti. Pemuda asal Manchester itu secara catatan fisik lebih unggul dari Klitschko.

Tinggi Fury menjulan sampai 206 cm sementara Klitschko lebih pendek 8 cm dari sang lawan. Dari segi jangkauan, Fury juga memiliki jarak lebih panjang yaitu 216 cm sedangkan Klitschko hanya 206 cm.

Meski kalah dari segi fisik dan usia, Klitschko memiliki keuntungan yaitu pengalaman yang sudah dirasakannya sejak melakoni debut profesional sekitar 15 tahun silam. "Saya pikir pertarungan nanti akan sangat menantang," ujar Klitschko pada Sky Sport.

Setelah disajikan pertarungan penuh sensasi antara Floyd Mayweather Jr dan Manny Pacquiao, sekarang para pecinta tinju dunia bersiap hadapi dua pria "buas" saling gebuk dalam dua bulan ke depan. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya