Bos Besar F1 Siapkan Jalur Bagi Pembalap Cantik

Pembalap tes Lotus, Carmen Jorda
Sumber :
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Bos besar Formula One (F1), Bernie Ecclestone, memberikan pembelaan untuk pembalap wanita yang jadi bagian tim tes Lotus, Carmen Jorda. Ia menyebut tak menutup kemungkinan bagi seorang wanita di trek jet darat.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Jorda beberapa waktu terakhir dalam sorotan setelah Lotus memberinya tempat di tim tes. Padahal, penampilan si cantik asal Spanyol itu di level yang lebih rendah belum memuaskan.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Salah satu yang bersuara adalah ketua komisi FIA Women in Motorsport, Michele Mouton. Ia lebih menjagokan nama-nama seperti Simona de Silvestro, Danica Patrick (yang tampil di NASCAR), Susie Wolff atau Beitske Visser, yang tampil bagus di seri Formula Renault 3.5.

Sebagai respon, Jorda pun mengatakan terkejut dengan komentar Mouton. Wanita 27 tahun itu pun meminta sang mantan juara WRC tersebut harusnya menanyakan program lebih dulu sebelum melempar kritik.

Sekarang, Ecclestone mengeluarkan pembelaan terhadap Jorda. "Dia sangat bagus. Kami meminta Lotus untuk melihat kemampuannya, dan dia tampil bagus untuk mereka," puji pria Inggris tersebut, seperti dilansir dari Motorsport.com.

"Dia ingin berada di F1. Kami harus cari cara yang tepat, tapi dia tidak sendiri. Masih banyak pembalap wanita lain seperti Danica dan juga De Silvestro. Tapi, mereka tak ingin ke Eropa, mereka ingin tetap di Amerika. Jadi Anda harus mencari orang yang memiliki bakat dan ingin menjadi pembalap F1, dan siap untuk tampil habis-habisan," tambah Ecclestone.

Ecclestone juga berharap bisa mementaskan lebih banyak pembalap wanita ke depannya. "Saya siap membuka jalan, bukan hanya untuk Carmen, tapi juga untuk wanita lain di luar sana," imbuh pria 84 tahun tersebut.

Jorda memulai karirnya pada 2005 di level Master Junior Formula sebelum mencapai level GP3 pada 2012, dan jadi test driver Lotus mulai 2015 ini. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya