Buat Indonesia Bangga, Atlet Special Olympic Diguyur Bonus

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan atlet SOIna
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/Trisnadi
VIVA.co.id
Nilai Bonus SOIna Setara dengan Atlet SEA Games 2015
- Kontingen Indonesia (SOIna) yang berangkat ke Special Olympic World Summer Games 2015 berhasil tampil membanggakan. Total 19 medali emas, 13 perak, dan 5 perunggu berhasil direbut di Los Angeles, Amerika Serikat, yang akhirnya berbuah bonus.

Hari Terakhir Olimpiade Khusus, Atlet RI Tambah Medali
Prestasi Indonesia di Olimpiade atlet berkebutuhan khusus tersebut memang lebih baik dari keikutsertaan mereka empat tahun silan di Athena, Yunani. Kala itu, kontingen Indonesia berhasil merebut 15 emas, 13 perak, dan 11 perunggu.

Tim Sepakbola RI Raih Emas di Olimpiade Khusus
Apresiasi pun siap diberikan oleh pemerintah Indonesia. Apresiasi bonus bagi kontingen atlet tuna grahita ini merupakan sejarah baru karena merupakan kali pertama diberikan, sehingga prestasi mereka disetarakan dengan prestasi atlet normal.

"Kali ini, kami mengeluarkan kebijakan bahwa bonus akan diberikan kepada atlet SOIna. Disamaratakan dengan apresasi yang diberikan kepada atlet normal berprestasi di SEA Games, Asian Games dan Olimpiade," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. 

"Para atlet (SOIna) yang meraih medali emas akan memperoleh bonus sebesar Rp200 juta, Rp50 juta untuk peraih medali perak dan Rp30 juta peraih perunggu, yang akan ditransfer ke rekening atlet masing-masing secepatnya tanpa potongan pajak dan potongan lainnya," lanjut Menpora.

Imam menegaskan bahwa raihan medali tersebut merupakan sejarah baru untuk bangsa Indonesia, sehingga jangan sampai terlupakan.

"Sebelumnya kami belum bisa memberikan apresiasi lebih kepada atlet SOIna, karena ini juga ada instruksi dari Presiden, maka kita perhatikan dan mereka akan mendapatkan bonus," kata Nahrawi.

Menurut perhitungan Asisten Deputi Pengembangan Penghargaan dan Promosi Kemenpora, Bambang Siswanto, bonus yang diberikan mirip seperti saat pemberian bonus usai SEA Games 2015 kemarin. Dengan jumlah medali yang ada, hitungan Kemenpora total bonus yang haru dicairkan mencapai Rp8,9 miliar.

Di ajang Special Olympics kemarin, Indonesia mengirim kontingen SOIna sebanyak 41 atlet, 13 pelatih dan 6 ofisial dengan mengikuti tujuh cabang olahraga yaitu bulu tangkis, sepak bola, renang, atletik, bocce, bola basket, dan tenis meja. Sebanyak 30 dari 41 atlet tersebut berhasil menyumbang medali dari enam cabang olahraga.

Olimpiade atlet berkebutuhan khusus ke-14 kali ini diikuti oleh 117 negara, 7.000 atlet, 3.000 pelatih, 30.000 relawan, dan dihadiri 500.000 pengunjung dan suporter dari seluruh dunia. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya