MotoGP Inggris: Silverstone Tak Pernah Ramah pada Rossi

Selebrasi pembalap Yamaha, Valentino Rossi
Sumber :
  • REUTERS/Ronald Fleurbaaij

VIVA.co.id - Usaha Valentino Rossi merebut gelar juara dunia MotoGP musim ini terbilang cukup berat. Gelaran MotoGP Inggris pada akhir pekan nanti, bisa menjadi kunci bagi pembalap Movistar Yamaha ini untuk kembali ke puncak klasemen.

Kemenangan Jorge Lorenzo di MotoGP Ceko, membuat persaingan dalam meraih gelar juara kian ketat. Rossi harus rela posisinya di puncak klasemen direbut oleh rekan setimnya tersebut, meskipun punya poin yang sama.

Rossi dan Lorenzo sama-sama memiliki 211 poin. Namun, Lorenzo berhak menempati peringkat 1 karena memiliki jumlah kemenangan lebih banyak. Seri selanjutnya akan berlangsung di sirkuit Silverstone.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

(Baca juga: Jika MotoGP Indonesia Digelar, Masih Adakah Valentino Rossi?)

Bukan perkara mudah untuk bisa menyalip posisi puncak dari Lorenzo, terlebih Silverstone merupakan salah satu sirkuit yang tak ramah pada Rossi. Seperti dilansir MotoGP, pembalap asal Italia tersebut tak pernah menang di sirkuit yang memiliki panjang 5,9 km tersebut.

Walaupun sudah meraih 9 gelar juara dunia di kelas berbeda, Rossi tidak pernah memenangi GP Inggris jika berlangsung di Sirkuit Silverstone. Tercatat, 6 kemenangan Rossi di GP Inggris (1x125cc, 2x250cc, 3xMotoGP) terjadi di Sirkuit Donington.

Kemenangan terakhir pembalap berusia 36 tahun itu MotoGP Inggris terjadi pada musim 2005 kala Rossi mengalahkan Kenny Roberts Jr. dan Alex Barros. Namun, sejak GP Inggris berlangsung di Silverstone pada 2010, prestasi terbaik Rossi adalah finis ke-3 pada musim lalu.

(Baca juga: Rossi Siapkan Rencana di Tujuh Seri Terakhir MotoGP)

“Silverstone balapan yang sulit, karena saya selalu memiliki masalah di masa lampau,” ungkap Rossi, jelang balapan MotoGP Inggris dilansir Speedweek.

Rossi yang tengah memburu gelar juara dunia ke-10 itu juga memiliki catatan buruk kala bertarung dengan Lorenzo di Silverstone. Di mana, dia tak pernah finis di depan Lorenzo sejak 2011.

Lorenzo sudah mengoleksi 3 kemenangan di GP Inggris yang berlangsung di Silverstone. Juara dunia 2 kali MotoGP itu mengemas kemenangan pada musim 2010, 2012, dan 2013. (one)

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016