Liontin Pancawarna Jadi Suvenir PON XIX

Batu pancawarna Garut.
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat (Garut)

VIVA.co.id - Setelah disetujui Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, kini Koperasi Lasminingrat Gamstune menyiapkan sedikitnya 2.500 keping liontin yang terbuat dari batu pancawarna Garut, untuk digunakan sebagai suvenir Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XIX.

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar

Ketua Koprasi Lasminingrat Gamestune, Yudi Nugraha, mengatakan, bahwa setelah sukses dengan suvenir Konferensi Asia Afrika (KAA), kini batu Garut kembali dipercaya menjadi salah satu suvenir pada PON ke XIX di Jawa Barat.

"Kami bangga, ternyata batu pancawarna Garut kembali dipilih untuk menjadi salah satu suvenir pada PON 2016 mendatang," ujarnya, Sabtu 29 Agustus Agustus 2015.

Cara Indonesia Tes Doping di PON dan Asian Games

Pemilihan jenis batu dan betuk liontin sendiri, hingga saat ini masih menjadi pembahasan di kalangan perajin dan penambang batu akik asal Kecamatan Caringin dan Bungbulang tersebut.

"Untuk jenis batu dan bentuk liontin suvenir, bagaimana baiknya menurut perajin dan penambang batu. Mereka masih membahasnya," ungkap Yudi.

Obor PON 2016 Gunakan Kayu Pohon Kolang Kaling

Yudi menegaskan, bahwa pihaknya tidak akan mengambil keuntungan dari proyek pengadaan suvenir PON. Ia hanya berharap, nama batu Garut bisa lebih dikenal lagi secara luas.

"Mudah-mudahan, dengan dijadikannya batu Garut sebagai suvenir, batu Garut makin dicari para penggemar batu akik, sehingga kehidupan penambang dan pengrajin batu makin terdongkrak," ungkapnya.

Batu Akik Souvenir PON XIX Tahun 2016

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Untuk cenderamata peraih medali emas di PON XIX.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016