Rossi Cetak Sejarah, Marquez Sudah Empat Kali ‘Cium’ Aspal

Valentino Rossi dan Marc Marquez
Sumber :
  • REUTERS/Ronald Fleurbaaij
VIVA.co.id –
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
Valentino Rossi berhasil mengemas kemenangan di MotoGP Inggris musim ini pada Minggu, 20 Agustus 2015. Juara di seri ke-12 menorehkan sejarah tersendiri bagi pembalap Movistar-Yamaha tersebut.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Memulai balapan dari posisi keempat di Sirkuit Silverstone, Rossi tampil apik di lap awal balapan yang diwarnai hujan tersebut. Secara perlahan di berhasil menyodok Marc Marquez dan Lorenzo yang tengah memimpin balapan.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Hingga akhirnya,
. Atas kemenangan ini, pembalap asal Italia ini berhasil merebut kembali puncak klasemen dari Jorge Lorenzo yang hanya finis di posisi keempat.


Rossi berada di peringkat pertama dengan raihan 236 poin, atau unggul 12 poin dari Lorenzo yang berada di posisi kedua. Sedangkan sang juara bertahan, Marc Marquez, di posisi ketiga dengan 159 poin.


Hebatnya lagi, ini menjadi kemenangan pertama Rossi pada MotoGP Inggris yang berlangsung di Silverstone sejak 2010.  Ya, walaupun sudah meraih 9 gelar juara dunia di kelas berbeda, Rossi tidak pernah memenangi GP Inggris jika di Sirkuit Silverstone.


Tercatat, enam kemenangan Rossi di GP Inggris (1x125cc, 2x250cc, 3xMotoGP) terjadi di Sirkuit Donington. Sedangkan Lorenzo sudah mengemas tiga kemenangan di Silverstone, namun kali gagal karena gangguan penglihatan yang disebabkan berembunnya kaca helm.


Namun yang miris adalah Marquez, dia gagal finis pada balapan ini karena terjatuh kala balapan menyisakan delapan putaran lagi. Tercatat, ini adalah keempat kalinya pembalap Spanyol tersebut 'mencium' aspal.


Sebelumnya pembalap Repsol-Honda tersebut tiga kali jatuh pada musim ini, antara lain di GP Argentina,  Italia dan Catalan. Kondisi ini tentunya, membuat Marquez sulit untuk bisa mempertahankan gelar juara.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya