Kaca Helm Biang Kegagalan Lorenzo Naik Podium di GP Inggris

Pembalap andalan Yamaha, Jorge Lorenzo
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Jorge Lorenzo gagal naik podium kemenangan pada gelaran MotoGP Inggris, Minggu, 30 Agustus 2015. Pembalap Movistar-Yamaha tersebut mengaku mengalami masalah dengan helmnya.

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Dalam balapan yang berlangsung di Silverstone, Lorenzo yang start dari posisi kedua berhasil memimpin balapan di lap awal. Namun, karena hujan yang turun cukup lebat, membuat para pembalap berhati-hati dan jarak pun tidak terlalu jauh.

Kondisi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Valentino Rossi untuk menyalip Marc Marquez dan Lorenzo. Jawara dunia dua kali ini, akhirnya harus puas finis di posisi keempat atau di belakang Duo Ducati.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

"Saya yakin jika (trek) kondisinya kering. Seperti yang saya katakan kepada Anda sebelumnya, biasanya saya punya kecepatan yang lebih baik,” ujar Lorenzo seperti dilansir Crash.

"Di putaran-putaran terakhir, saya menyusul Dovizioso yang membuat sejumlah kesalahan. Tapi kondisi cuaca mulai makin dingin dan hujan lebih deras," ujar pembalap asal Spanyol ini menambahkan.

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria

Namun, yang menjadi permasalahan utama atas gagalnya Lorenzo menyalip para pembalap yang berada di depannya adalah kaca helm. Dinginnya udara membuat kaca helm Lorenzo berembun dan mengganggu penglihatannya.

"Saya benar-benar kehilangan jarak pandang karena kaca helmnya berembun dan harus melambat sehingga kehilangan kesempatan finis di posisi tiga, yang mana sayang sekali. Di kondisi hujan, saya tak punya laju yang sama dengan Valentino dan Marquez," ujarnya.

Atas hasil tersebut, Lorenzo harus rela posisinya di puncak klasemen direbut kembali oleh Rossi yang keluar sebagai juara. Raihan poin Lorenzo kini menjadi 224 poin atau kalah 12 poin dari rekan setimnya tersebut.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya