5 Fakta Menarik F1 GP Italia yang Jarang Diketahui

Lewis Hamilton memacu McLaren di GP Italia
Sumber :
  • REUTERS/Giorgio Perottino
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Akhir pekan ini akan kembali dipanaskan dengan aksi balapan 'jet darat' Formula 1. Kali ini, balapan akan digelar di Autodromo Nazionale Monza, Italia, Minggu 6 September 2015.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Tidak ada sirkuit yang menggelar balapan Formula 1 sesering sirkuit Monza. Sirkuit di Italia ini sudah menggelar balapan sejak 1950. Dengan balapan akhir pekan ini, berarti Monza telah menggelar 65 grandprix.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


Apa lagi fakta menarik lainnya? Berikut ini, 4 fakta menarik Grand Prix (GP) Italia seperti dikutip dari situs resmi Formula 1:


1.
Selain menjadi sirkuit yang paling sering digunakan, Monza juga menjadi sirkuit yang tercepat dilahap pembalap Formula 1. Waktu tercepat dibukukan Michael Schumacher pada 2003 yang bisa ngebut hingga kecepatan 247 km per jam (153 mph).


2.
Schumacher juga menjadi pembalap Formula 1 yang paling sering juara di sirkuit ini, yaitu sebanyak lima kali. Disusul Nelson Piquet yang mengoleksi empat kali juara.


3.
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, berpotensi untuk mencetak sejarah di Monza, akhir pekan ini. Jika bisa menang, dia jadi pembalap pertama yang pernah juara dengan tiga tim berbeda. Sebelumnya, dia juara bersama Toro Rosso (2008) dan Red Bull (2011, 2013).


4.
Sepanjang sejarah, Ferrari meraih kemenangan terbanyak di Monza (18 kali). Disusul McLaren (10), William (6) dan Lotus (5). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya