Venue Utama PON 2016, Jalak Harupat 'Dimake over'

Persib lawan Semen Padang saat Stadion Si Jalak Harupat saat mati lampu.
Sumber :
VIVA.co.id
Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar
- Keputusan Panitia Besar (PB) PON XIX/2016 memindahkan venue pembukaan dan penutupan dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, menuai reaksi dari DPRD Jabar.

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar

Para wakil rakyat menyatakan dukungannya kepada Pemprov Jabar dan PB PON XIX untuk mengalokasikan anggaran renovasi Stadion Si Jalak Harupat. Meski secara fasilitas sudah cukup memadai, namun stadion milik Pemkab Bandung itu dinilai tetap harus di 'makeover' agar lebih menunjang.
Cara Indonesia Tes Doping di PON dan Asian Games


Hal itu disampaikan Ketua Komisi V DPRD Jabar, Agus Welianto Santoso, yang menilai jika Stadion Si Jalak Harupat harus memenuhi standar yang dibutuhkan untuk menggelar pesta olahraga empat tahunan di Tanah Air tersebut.


"Untuk itu (renovasi) perlu biaya kan. Tentu kami dukung. Yang tak mendukung penganggarannya sama saja dengan tidak mendukung program Jabar Kahiji," kata Agus.


Jabar Kahiji merupakan jargon untuk menggambarkan target Jabar saat menjadi tuan rumah event empat tahunan tersebut. Jabar mencanangkan catur atau empat sukses di PON 2016, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi masyarakat, dan sukses administrasi


Bahkan, Agus akan mendorong DPRD Jabar untuk mendesak agar upaya perbaikan dilaksanakan secepatnya, sebab jadwal pelaksanaan PON yang semakin dekat sekitar satu tahun lagi. "Harus sekarang juga. Kami akan dukung di APBD Perubahan Jabar 2015," ujarnya.


Agus menambahkan tim Komisi V DPRD Jabar telah meninjau kondisi stadion yang terletak di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Selasa 1 September 2015. Berdasarkan pantauannya itu, kata Agus, secara umum seluruh bagian Stadion Si Jalak Harupat memerlukan perbaikan.


"Perlu perbaikan bangunan, lapangan parkir, kamar kecil, dan lainnya. Ini harus betul-betul penganggarannya. Dilaksanakan sebaik mungkin, tidak hanya wacana," tegasnya.


Selain itu, masih menurut Ketua Komisi V, venue lain yang juga terdapat di kawasan Stadion Si Jalak Harupat memerlukan perbaikan. Terdapat tujuh arena pertandingan lain yang berada di komplek Stadion Si Jalak Harupat.


Pemprov Jabar menganggarkan Rp60 miliar untuk pembenahan komplek Stadion Si Jalak Harupat. Selain ini, pemprov juga akan membenahi akses jalan menuju stadion. Jalur jalan menuju kawasan Stadion Si Jalak Harupat yang sebelumnya rata-rata lebarnya mencapai 6 meter akan diperlebar menjadi 9-12 meter. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya