Harapan Legenda Tenis Indonesia di Haornas Tahun Ini

Tennis Clinic Martina Navratilova
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
PB Pelti Gelar Turnamen Indonesia Men's Future 2016
- Petenis legendaris Indonesia Yayuk Basuki berharap perayaan Haornas (Hari Olahraga Nasional) ke-32 tahun ini bisa menjadi momentum bagi negara untuk mengevaluasi perannya dalam menjamin masa depan atlet.

Kejutan Lagi dari Tenis Olimpiade, Serena Williams Keok

Menurutnya, atlet yang sudah berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional sudah selayaknya mendapatkan penghargaan berupa jaminan hari tua. Dia menilai, penghargaan bagi atlet berprestasi sudah dirumuskan dalam UU Sistem Keolahragaan Nasional No.3 Tahun 2005 pasal 86.
Kejutan Besar Olimpiade, Djokovic Langsung Tersingkir


"Oleh karenanya, pemerintah harus merumuskan kembali penghargaan bagi atlet berprestasi. Penghargaan tersebut bisa diberikan kepada atlet peraih medali di ajang Olimpiade dan Asian Games," kata Yayuk Basuki dalam rilisnya, Rabu, 9 September 2015.


Mantan atlet yang kini menjadi anggota Komisi X DPR RI ini juga mengungkapkan, dari pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp86 miliar untuk pengembangan penghargaan dan promosi, sudah selayaknya pemerintah mengalokasikan sebagian anggarannya untuk jaminan hari tua para atlet berprestasi.


"Penghargaan ini akan berdampak positif bagi kemajuan olahraga nasional. Selain bagi atlet itu sendiri, penghargaan tersebut dapat memacu orang tua untuk mengarahkan anaknya menjadi atlet," kata mantan atlet berusia 44 tahun itu.


"Selama ini banyak keluhan dari mereka bahwa masa depan atlet tidak terjamin. Banyak orangtua mengeluh akan menjadi apa anaknya kelak setelah tidak menjadi atlet. Penghargaan itu akan menjadi jawabannya."


Haornas merupakan hari peringatan olahraga nasional yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 9 September. Pemilihan tanggal itu mengacu terhadap pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama pada 1948 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya