Ini 2 Kesalahan Fatal Lorenzo di MotoGP San Marino

Jorge Lorenzo
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id –
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
Jorge Lorenzo gagal meraih poin pada gelaran balap MotoGP San Marino, Minggu 13 September 2015. Pembalap Movistar-Yamaha ini mengaku telah melakukan 2 kesalahan yang cukup fatal pada seri ke-13 ini.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Cuaca yang tak menentu memang menjadi kendala bagi para pembalap di balapan seri ke-13 ini. Balapan dari kering ke basah, lalu kembali ke kering lagi membuat pembalap melakukan strategi 2 pit guna mengganti motor.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Namun, yang terjadi, Lorenzo malah asyik meladeni pertarungan dengan Valentino Rossi di posisi terdepan. Pembalap asal Spanyol ini memang menunggu reaksi dari Rossi lebih dulu usai balapan kembali menjadi kering.


“Mungkin saya bisa menang bila mengubah ban slick sejak awal, namun bila kecelakaan (dalam balapan basah) maka akan hilang gelar juara. Itu sebabnya, saya sedikit menunggu untuk melihat apa yang akan dilakukan Valentino. Sebab, jika kami berdua masuk pit pada saat yang sama, dengan ban kering, mungkin saya bisa lebih cepat dari dia setelah itu,” kata Lorenzo.


“Sebab, jika kami berdua masuk pit pada saat yang sama, dengan ban kering, mungkin saya bisa lebih cepat dari dia setelah itu. Tapi, kalau saya masuk pit (sebelum Rossi) dan kemudian hujan mulai turun, saya bisa jatuh dan terluka, atau ia mungkin menang dan saya akan kehilangan 25 poin. Untuk alasan ini saya memutuskan untuk tetap berada di luar,” sambungnya.


Hingga akhirnya dia mengganti motor lebih dulu ketimbang Rossi, namun tak lama malah terjatuh dengan ceroboh di tikungan 15. Jawara dunia MotoGP 2 kali ini mengaku tidak sabar usai disalip pembalap lainnya, dan malah berujung crash karena ban belum panas.


"Di momen itulah saya tidak memerhatikan tikungan tersebut (tikungan 15) merupakan tikungan ke kiri setelah banyak tikungan ke kanan. Bahkan, saat lintasan kering Anda harus berhati-hati. Saya tidak memerhatikan faktor tersebut dan saya masuk tikungan terlalu cepat saat ban belum panas. Itulah kesalahannya,” ujarnya dilansir
Crash.


Kini, dia harus susah payah mengejar ketertinggalan 23 poin dari Rossi yang berada di puncak klasemen. Pada balapan yang berlangsung di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Rossi berhasil finis di posisi 5. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya