10 Fakta Menarik F1 GP Singapura yang Jarang Diketahui

Pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton
Sumber :
  • REUTERS/Laszlo Balogh

VIVA.co.id - Ajang balapan Formula 1 (F1) akan kembali digelar di GP Singapura pada akhir pekan ini. Adu kecepatan jet darat pada seri ke-13 ini dihelat pada Jumat 18 September hingga Minggu 20 September 2015.

Balapan yang akan berlangsung di Marina Bay Street Circuit ini, akan berlangsung pada malam hari. Para pembalap akan melakoni balapan sebanyak 61 putaran, atau setara dengan 308.828 kilometer.

Di seri ini, Lewis Hamilton masih menjadi yang paling difavoritkan sebagai juara, karena tengah dalam performa terbaiknya. Pembalap asal Mercedes ini sudah menorehkan kemenangan beruntun dalam tujuh balapan terakhirnya.

Andai kembali meraih podium pertama pada akhir pekan nanti, maka Hamilton akan menyamai rekor 41 kemenangan milikĀ  legenda F1, Ayrton Senna. Namun, Sebastian Vettal yang kini membela Ferrari memiliki catatan yang juga cukup mentereng.

Para pembalap akan turun pertama kali ke lintasan pada hari ini, Jumat 18 September 2015, untuk melakoni sesi latihan bebas pertama. Sebelum menyaksikan aksi para pembalap F1, kita simak beberapa fakta menarik GP Singapura yang dirangkum dari situs resmi F1.

Berikut fakta-fakta menarik di F1 GP Singapura:

1. Marina Bay merupakan jalan raya yang diubah menjadi sirkuit bila akan menggelar balapan GP F1 dan digelar pada malam hari. Sirkuit ini pertama menggelar balapan F1 pada 2008, dengan pemenangnya Fernando Alonso dari Renault.

2. Pembalap tersukses di GP Singapura adalah Sebastian Vettel, yang telah tiga kali keluar sebagai juara (2011, 2012, 2013). Disusul, Alonso (2008, 2010) danĀ  Lewis Hamilton (2009, 2014).

3. Mobil balap yang memakai mesin Renault, selalu meraih hasil yang cukup baik. Dalam tujuh balapan terakhir di Marina Bay, mobil bermesin Renault telah membukukan empat kemenangan yakni pada 2008, 2011, 2012, 2013.

4. Rekor waktu tercepat di Marina Bay masih dipegang oleh Sebastian Vettel dengan waktu putaran 1 menit 48.574 detik pada 2013 lalu.

5. Balapan yang berlangsung di Marina Bay ini selalu diwarnai dengan munculnya safety car akibat adanya insiden. Tercatat, sudah 10 kali muncul mobil safety car dalam tujuh balapan terakhir GP Singapura.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

6. Red Bull menjadi tim F1 yang paling sukses di GP Singapura untuk sejauh ini, dengan meraih empat kali kemenangan dan delapan podium. Mereka juga menjadi satu-satunya tim yang sudah mencapai lebih dari 100 lap di Marina Bay.

7. Sedangkan Mercedes yang menguasai balapan F1 dalam dua musim terakhir ini, baru meraih satu podium dalam lima balapan di Singapura. Satu kemenangan tersebut diraih Hamilton pada musim lalu.

8. Sirkuit Marina Bay yang didesain oleh Hermann Tilke, merupakan lintasan yang memiliki karakter lambat. Belum lagi, sering munculnya safety car, membuat GP Singapura menjadi balapan yang terlama dalam sepanjang musim dengan tak ada waktu kurang dari 1 jam 56 menit.

9. Sirkuit Marina Bay memiliki 23 tikungan (14 tikungan ke kiri dan sembilan tikungan ke kanan). Bila melihat jumlah tikungan, maka Marina Bay menjadi sirkuit dengan tikungan paling banyak dibandingkan sirkuit lainnya pada musim ini.

10. Untuk menyalip lawan yang berada di depan, bukanlah hal yang gampang pada gelaran GP Singapura. Karena itu, sesi kualifikasi menjadi hal yang paling menentukan karena lima pemenang dari tujuh seri yang sudah dihelat dimenangkan oleh peraih pole position. (asp)

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022