Gambar Cenderawasih di Logo Asian Games Dapat 'Lampu Hijau'

Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
VIVA.co.id
- Komite Olimpiade Asia (Olympic Committee of Asia/OCA) menyetujui logo penyelenggaraan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta. Hal ini diungkapkan oleh wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.

3 Hewan Khas Indonesia Jadi Maskot Asian Games 2016

Djarot mengatakan, persetujuan itu disampaikan oleh badan yang membawahi penyelenggaraan ajang olahraga multi-event di Benua Asia itu dalam kongres yang diselenggarakan di kota Ashgabat, Turkmenistan, yang ia hadiri pada pekan lalu.
Sepakbola di Asian Games 2018, Dipertandingkan atau Tidak?


"Mereka menyetujui logo yang seperti burung cenderawasih itu," ujar Djarot di Balai Kota DKI, Senin, 21 September 2015.


Selain itu, Djarot mengatakan, untuk pertamakalinya, OCA juga menyetujui dicantumkannya 2 nama kota, yaitu Jakarta dan Palembang, dalam logo Asian Games.


"Mereka juga sepakat 2 kota dicantumkan di situ (logo Asian Games)," tambah wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.


Seperti diketahui, meski telah secara resmi diluncurkan Indonesia pada Rabu, 9 September 2015, logo Asian Games 2018 sama sekali tidak mencantumkan kota penyelenggara seperti layaknya logo-logo Asian Games sebelumnya.


Hal itu dikarenakan sempat adanya keinginan dari Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Alex Noerdin, agar nama kota Palembang, yang juga menjadi penyelenggara dari beberapa cabang olahraga, turut dicantumkan.


Padahal, OCA tidak memiliki tradisi untuk mencantumkan lebih dari 1 nama kota tuan rumah, meskipun Asian Games, pasti diselenggarakan di lebih dari 1 kota. Seperti Asian Games Incheon di Korea Selatan tahun 2014 dan Asian Games Doha, Qatar, pada 2006.


Asian Games ke-18 rencananya akan dilaksanakan pada 18 Agustus-2 September 2018. Indonesia menjadi tuan rumah untuk yang keduakalinya setelah pada 1962, di masa pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia menyelenggarakan Asian Games di Jakarta. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya