Sukses Manor Derita Red Bull

Pembalap Manor Marussia F1 Alexander Rossi.
Sumber :
  • Reuters/Toru Hanai

VIVA.co.id - Kesuksesan Manor Marussia membuat kesepakatan dengan Mercedes, untuk memperoleh mesin yang kompetitif pada musim 2016, menjadi pukulan baru bagi Red Bull yang lebih dulu berusaha mendapatkan pasokan mesin dari Mercedes.

Damon Hill dalam laporannya untuk Sky Sports News, Senin, 5 Oktober 2015, menyebut kesuksesan Manor memperoleh pasokan mesin Mercedes, memperpanjang persoalan bagi masa depan Red Bull di Formula 1.

Setelah beberapa bulan spekulasi, Mercedes mengumumkan pada pekan lalu, tentang kesepakatan untuk memasok Manor dengan mesin terbaru bagi Manor, sama dengan mesin yang akan mereka gunakan pada musim depan.

Kesepakatan itu diharapkan membuat Manor lebih kompetitif, setelah musim ini hanya memperoleh mesin 2014 dari Ferrari, membuat mereka dalam kondisi tertinggal di sepanjang musim 2015.

Situasi kontras dihadapi empat kali juara dunia Red Bull, yang masih tanpa kejelasan tentang mesin untuk musim depan, setelah mereka memutus kontrak pasokan mesin dengan Renault.

Red Bull sebelumnya telah mengancam akan keluar dari F1, jika tidak berhasil memperoleh mesin yang kompetitif, untuk memaksa Mercedes menerima kesepakatan dengan mereka.

Mereka saat ini masih dalam negosiasi dengan Ferrari, tapi tim Italia tidak memberikan harapan, karena hanya akan memberikan rival-rival mereka versi mesin yang satu tahun lebih tua, atau versi 2015 untuk musim 2016.

Damon Hill menyebut kesepakatan yang berhasil dibuat Manor dengan Mercedes, akan menambah frustasi Red Bull. "Beginilah situasi mereka, salah satu tim top yang tidak berhasil memperoleh mesin baru," kata Hill.

Sebaliknya Manor akan menggunakan mesin Mercedes, yang terbukti mendominasi lomba musim ini, serta secara teknis akan terhubung dengan Williams, sehingga mereka dapat bersaing di peringkat teratas pada musim depan.

Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio
Pembalap F1 Indonesia, Rio Haryanto.

Rio Haryanto Bersedia Jadi Pembalap Cadangan Manor

Bersama Rio Haryanto, Manor memiliki 3 pembalap cadangan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016