Angka-angka Menarik Jelang Balapan MotoGP Jepang

Sumber :
VIVA.co.id –
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
Gelaran balap MotoGP akan kembali tersaji pada akhir pekan ini. Dimulai pada Jumat 9 Oktober hingga Minggu 11 Oktober 2015 dan akan berlangsung di Sirkuit Twin Ring, Motegi, Jepang.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Balapan nantinya akan berlangsung sebanyak 24 laps atau sekitar 115,2 km. Jorge Lorenzo memiliki catatan cukup baik di seri ini. Dia merupakan jawara pada musim lalu dan menjadi pembalap yang sering menang  di GP Jepang, sebanyak 3 kali.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Tentunya, ini bisa menjadi ancaman tersendiri bagi Valentino Rossi yang tengah berjuang mempertahankan posisinya di puncak klasemen. Sebab, Lorenzo yang merupakan rekan setimnya di Movistar Yamaha itu hanya memiliki selisih 14 poin saja dari Rossi.


Terlepas dari persaingan Lorenzo dan Rossi dalam memperebutkan gelar juara dunia, seri ke-15 nanti bakal menghadirkan banyak kejutan dan fakta menarik.


Berikut GP Jepang dalam angka, yang dirangkum dari situs resmi MotoGP:


100 –
Hector Barbera akan menjalani penampilannya yang ke-100 di kelas MotoGP.


84 –
Honda saat ini tengah memimpin klasemen konstruktor di kelas Moto3 dengan 84 poin. Jika ada pembalap Honda yang finis di podium Motegi, maka untuk pertama kalinya Honda menjadi juara konstruktor di kelas ringan sejak terakhir kali pada 2001.


62 –
Yamaha tengah memimpin klasemen konstruktor dengan keunggulan 62 poin atas Honda. Bila berhasil menambah keunggulan 13 poin atas Honda di Jepang, maka Yamaha juara dunia untuk kali pertama sejak 2010. Sebelumnya, tim Movistar Yamaha sudah lebih dulu memastikan juara MotoGP 2015.


50 –
Marc Marquez telah menandai penampilan ke-50 di GP Aragon. Total, pembalap Repsol Honda itu meraih 23 kemenangan dari 37 kali naik podium. Sedangkan Rossi, 25 kemenangan dan 40 kali naik podium.


28 -
GP Aragon kemarin membuat Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa menjadi dua pembalap yang paling sering naik podium bersama di kelas premier. Total, mereka telah naik podium bersama 28 kali, di mana Lorenzo menang 15 kali dan Pedrosa 13 kali.


16 –
Jorge Navarro meraih podium pertamanya di GP Aragon. Ia menjadi pembalap ke-16 yang berhasil naik podium di kelas Moto3 musim ini. Jumlah tertinggi pembalap yang finis di podium kelas ringan adalah pada 1979, ketika ada 17 pembalap berbeda yang naik podium.


10 –
Kemenangan Jorge Lorenzo di GP Aragon merupakan kemenangan ke-10 tim Yamaha musim ini. Yamaha hanya perlu meraih 1 kemenangan lagi dari sisa 4 balapan musim ini untuk menyamai jumlah kemenangan terbanyak dalam satu musim di kelas premier; seperti pada 2010 dan 2005.


3 –
Setelah kecelakaan Danilo Petrucci di Aragon, sekarang hanya ada 3 pembalap di kelas MotoGP yang selalu mencetak poin di setiap balapan musim 2015 yaitu Valentino Rossi, Andrea Iannone dan Bradley Smith.


2 –
Motegi adalah salah satu dari 2 sirkuit di mana Marquez belum pernah meraih kemenangan di kelas MotoGP. Satu sirkuit lagi adalah Phillip Island.

(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya