12 Klub Siap Bertarung di IBL 2016

Satria Muda Britama Juara NBL
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) bakal dimulai pada 8 Januari 2016. Jelang tip-off IBL, 12 klub sudah memastikan untuk ikut serta.

Media Officer Starting 5 Sportstainment, Dana Adinegara Purba, selaku operator kompetisi menjelaskan, sampai sekarang tak ada masalah berarti dalam persiapan IBL 2016. Namun, untuk Women Indonesia Basketball League (WIBL), ada kendala yang cukup serius.

Dua klub yang sebelumnya diproyeksikan tampil memutuskan untuk mengundurkan diri. Keduanya adalah Rajawali Bandung serta Sritex Dragon Solo.

"Putra masih lengkap, sama dengan kompetisi musim-musim sebelumnya dengan 12 tim. Sedangkan putri yang musim lalu diikuti enam tim, kini hanya empat saja yang ikut serta," kata Dana, Rabu 7 Oktober 2015.

Dana menyatakan kemungkinan ada satu klub asal Bandung yang berniat ikut dalam WIBL. Tapi, sampai sekarang, pihaknya belum mendapat konfirmasi lebih lanjut terkait keikutsertaan klub tersebut.

"Meski ada dua yang mundur, informasi terbaru menyebutkan kalau ada tim putri baru asal Bandung yang ikut serta. Sebenarnya, dengan empat tim saja, kompetisi masih bisa diputar. Kami masih menunggu kepastiannya hingga akhir Oktober 2015," tuturnya.

Putaran series IBL dan WIBL akan bergulir pada 8 Januari-30 April 2016. Kemudian, babak play-off dan final dihelat pada 15-28 Mei 2016 di Jakarta.

Sementara itu, untuk pramusim digelar pada 24-29 November 2015 di GOR C-Tra Arena, Bandung. "Untuk babak series akan berlangsung di enam kota. Rencananya di Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang, dan Surabaya. Khusus pramusim, hanya diikuti tim-tim IBL," jelas Dana.

Sengit, Pelita Jaya Tundukkan Satria Muda

Peserta IBL dan WIBL

IBL: Aspac Jakarta, Satria Muda Jakarta, Pelita Jaya Jakarta, Stadium, CLS Knights Surabaya, Muba Hangtuah, Garuda Bandung, Pacific Caesar Surabaya, Bimasakti Nikko Steel Malang, JNE Bandung Utama, NSH GMC Riau, Satya Wacana.

Laga Pembuka Serie V, Pelita Jaya Tekuk NSH Jakarta

WIBL: Merah Putih Predators Jakarta, Sahabat Semarang Surabaya Fever, Tomang Sakti Merpati Bali. (one)

Penampilan tim Pelita Jaya Jakarta.

Pelita Jaya Gasak Pacific Caesar, Satria Muda Kalah Lagi

Satria Muda menyerah dari CLS Knights Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016