7 Fakta Menarik GP Rusia yang Jarang Diketahui

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.
Sumber :
  • REUTERS/Laszlo Balogh.
VIVA.co.id
Catatan Krusial Kiprah Rio Haryanto di Formula 1
- Balapan 'jet darat' Formula 1 akan kembali digelar, akhir pekan ini. Kali ini, balapan akan digelar di Sirkuit Sochi Autodrom, Sochi, GP Rusia, Minggu 11 Oktober 2015.

Menjauh dari Rosberg, Hamilton Puas

Rusia akan menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya dalam sejarah Formula 1. Sebelumnya, Sochi menggelar salah satu seri Grand Prix Formula 1 pada musim lalu, tepatnya 12 Oktober 2014.
Gagal Start Terdepan, Hamilton Marahi Diri Sendiri


Selain itu, apa saja fakta menarik lainnya Sochi selaku tuan rumah GP Rusia? berikut ini sejumlah fakta menarik GP Rusia di Sochi Autodrom seperti dilansir situs resmi Formula 1:


1.
Pada 2014, Sochi mencetak sejarah sebagai kota di Rusia pertama yang menjadi tuan rumah Formula 1. Lewis Hamilton menjadi juara di GP Rusia di Sochi Autodrom, pada musim 2014 lalu.


2.
Pembalap yang membukukan rekor tercepat satu lap dipegang oleh Valtteri Botas yang mencatatkan waktu tercepat, 1 menit 40,896 detik.


3.
Mercedes memastikan menjadi juara konstruktor musim 2014 di Sochi. Dan sejarah itu potensial berulang musim ini. Sebab, Mercedes sejauh ini unggul 169 poin atas Ferrari di posisi 2. Mereka cukup tambahan tiga poin saja di Sochi untuk jadi juara.


4.
Jika menang di balapan akhir pekan ini, Hamilton akan masuk jajaran pembalap yang sukses juara beruntun di sirkuit 'anyar' Formula 1. Sebelumnya sudah ada delapan pembalap yang sukses melakukan itu.


5.
Ada delapan pembalap yang juara beruntun di sirkuit 'anyar' Formula 1. Di antaranya adalah Sebastian Vettel (India, Abu Dhabi), Michael Schumacher (TI Aida), Nigel Mansell (Barcelona, Magny Cours).

 

6.
Sochi seperti diketahui merupakan kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014. Dengan demikian, Sochi adalah salah satu dari enam tuan rumah Formula 1 yang juga pernah menggelar Olimpiade. Lima lainnya adalah, Berlin, Los Angeles, Melbourne, Montreal dan Barcelona.


7.
Sochi merupakan kota kedua di dunia yang memiliki sirkuit terpanjang yakni 144 km (90 mil). Siapa yang pertama? Tuan rumah balapan Formula 1 2015 seri ke-17, yaitu Meksiko City. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya