Gagal Berprestasi, Duet Riky/Richi Segera Dipisah

Ganda campuran Indonesia Riky Widianto (kiri) dan Richi Puspita Dili
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Kabar kurang menggembirakan datang dari skuad bulutangkis Indonesia. Salah satu pasangan ganda campuran potensial pelatnas Cipayung, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, akhirnya harus mengakhiri kebersamaan mereka.

Jadwal Laga Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Kamis Ini

Duet yang kerap diandalkan untuk melapis Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ini segera dipisah sebagai pasangan ganda campuran. Waktu tiga tahun yang sempat mereka lalui bersama pun kini akan berakhir.

Konfirmasi soal akan dipisahkannya Riky/Richi disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky.

Dukungan 'Adik Kelas' Beri Motivasi Skuad Ganda Campuran

“Riky/Richi memang akan dipisah setelah turnamen China Open 2015. Mereka mesti mengikuti turnamen tersebut karena rangking super series mereka, kalau tidak ikut bisa kena denda,” terang Rexy, seperti yang dikutip oleh situs resmi PBSI.

“Secara individu, baik Riky maupun Richi adalah pemain yang cukup bagus, namun tidak sebagai pasangan. Kadang dari segi komunikasi di lapangan juga kurang. Banyak faktor nonteknis di sini, makanya kami putuskan untuk dipisah saja,” ungkap sosok peraih medali emas ganda putra Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Subagdja tersebut.

Jadwal Pertandingan Indonesia di Olimpiade Hari ke-6

Meski sempat menduduki peringkat 11 dunia, performa Riky/Richi yang kerap tidak stabil menjadikan mereka sering terjungkal di babak-babak awal, bahkan dari lawan yang di atas kertas mestinya bisa diatasi.

“Kalau dilihat lagi, penampilan Riky/Richi sejak terakhir kali jadi juara ke saat ini cukup jauh dropnya. Mereka juga tidak pernah mencapai hasil yang diharapkan. Permainan Riky/Richi juga sepertinya sudah terbaca lawan, mereka sudah tidak ditakuti lagi," lanjut Rexy.

Riky/Richi bakal menyudahi kerjasama setelah turnamen China Open Super Series Premier 2015 pada November mendatang. Sebelum ke China Open, keduanya juga masih akan mengikuti kejuaraan Denmark Open Super Series Premier 2015. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya