'MotoGP Setingkat dengan Piala Dunia'

Balapan MotoGP.
Sumber :
  • Reuters / Darren Staples
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Mantan pembalap nasional, Ananda Mikola, memberikan apresiasi terhadap keseriusan pemerintah untuk menyukseskan ajang MotoGP 2017 di Sirkuit Sentul.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Indonesia, sebelumnya mendapat kepercayaan dari Dorna Sport, selaku operator event MotoGP, untuk mempersiapkan penyelenggaraan
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
event tersebut pada 2017 mendatang.


Pemerintah lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga dan beberapa kementrian lainnya, sangat serius untuk mengambil kesempatan ini. Renovasi Sirkuit Sentul pun menjadi prioritas utama, selain promosi dan beberapa persiapan lainnya.


"Pemerintah sudah sangat mendukung penyelenggaraan
event
ini, yang penting sekarang tinggal realisasinya," kata Ananda Mikola.


"Yang paling penting, jelas renovasi sirkuit. Karena, kesempatan ini tidak akan datang dua kali. Ini sama halnya seperti kita jadi tuan rumah. Levelnya kan, sama dengan Piala Dunia," tambahnya.


Selain itu, Ananda juga melihat dari sudut pandang bisnis. Dipercaya Indonesia sebagai penyelenggara MotoGP, tak lepas dari Indonesia sebagai pasar terbesar pabrikan kendaraan roda dua.


"Indonesia itu
the biggest market
kendaraan roda dua. Dan, uang yang dipakai untuk pendanaan MotoGP itu datangnya dari orang Indonesia," lanjut Ananda.


Soal perbaikan sirkuit, Ananda menyoroti lintasan yang memang sudah tak layak pakai. Ia juga melihat efisiensi renovasi lebih tepat guna, jika dibanding dengan pembangunan sirkuit baru.


"Soal perbaikan sirkuit, nantinya akan berdampak pada 10 hingga 15 tahun ke depan. Kita terakhir bikin ajang ini tahun 1996, jadi lintasan aspalnya sudah terlalu parah," ujar Ananda.


"Jadi, renovasi bisa lebih efisien, jika dibanding membangun sirkuit baru yang bisa menghabiskan dana hingga Rp4 triliun. Lebih baik, kita merenovasi yang sudah ada," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya