Olahraga Triathlon Berkembang Cepat di Indonesia

Atlet triathlon di Bali International Triathlon
Sumber :
VIVA.co.id –
Gadis 19 Tahun Asal AS Hattrick Emas di Olimpiade 2016
Indonesia menjadi negara yang rutin mengadakan turnamen olahraga triathlon. Mantan perenang nasional Indonesia yang kini menjadi atlet triathlon, Richard Sambera, mengakui bila olahraga uji ketahanan fisik ini memang cepat berkembang di tanah air.

Atlet AS Raih Emas Olimpiade di Usia 42 Tahun

Ini terlihat dengan banyaknya atlet lokal dan masyarakat umum yang ikut pada ajang Herbalife Bali International Triathlon, Minggu 25 Oktober 2015 nanti. Pihak penyelenggara mengklaim lebih dari 1000 atlet dari 30 negara akan turut serta.
Jadwal Pertandingan Indonesia di Olimpiade Hari ke-6


“Tetapi kabar gembiranya, olahraga Triathlon adalah olahraga yang paling cepat berkembangnya di Indonesia saat ini. Partisipasi orang Indonesia yang mengikuti Triathlon dari tahun ke tahun terus meningkat,” kata Richard Sambera, pada
pre-race
di Jimbaran, Bali.


“Pada saat (saya) pertama kali ikut Triathlon di Bintan pada 2008 dan 2009 di Bali, sedikit orang Indonesia, kurang lebih 5 orang. Dulu semua atlet asing atau orang asing yang telah lama tinggal di  Indonesia,” lanjutnya.


Meski begitu, pemegang tujuh medali emas SEA Games di nomor 100 meter gaya bebas itu tak menampik bila atlet asing memang masing unggul di ajang triathlon. Ini menyusul fasilitas yang memadai dan kondisi yang aman dan nyaman di negara asalnya.


“Enaknya kalau ada kompetitor atau peserta dari luar negeri, mereka unggulnya karena tempat latihan mereka asalnya lebih memadai. Contohnya teman-teman dari Australia, karena lebih aman dan nyaman,” ujar atlet berusia 43 tahun ini.


Ajang triathlon yang ke delapan di Bali nanti,  akan dibagi dalam tiga kategori.  Antara lain, Olimpik (renang 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km).  Kemudian ada kategori sprint (renang 500 meter, sepeda 20 km, dan lari 5 km), sedangkan di kategori terakhir ada 5K Fun Run.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya