Saran Richard Sambera untuk Peserta Pemula Triathlon

Ketum BOPI yang juga mantan perenang nasional, Richard Sambera,
Sumber :
  • viva.co.id / Indra Nugraha
VIVA.co.id
Gadis 19 Tahun Asal AS Hattrick Emas di Olimpiade 2016
- Turnamen Triathlon menjadi hal yang cukup menarik untuk diikuti, dan tak sedikit yang penasaran dengan tantangan yang diberikan pada olahraga uji ketahanan fisik ini. Akan tetapi, ada hal yang perlu menjadi perhatian tersendiri bagi para pemula.

Atlet AS Raih Emas Olimpiade di Usia 42 Tahun

Triathlon sendiri melibatkan tiga olahraga yang berbeda, dan mesti diselesaikan secara beruntun. Walaupun banyak variasinya, namun tiga olahraga dalam triathlon umumnya adalah berenang, bersepeda, dan berlari.
Jadwal Pertandingan Indonesia di Olimpiade Hari ke-6


Jarak dari perlombaan triathlon ini sendiri cukup bervariasi, seperti di ajang Herbalife Bali International Triathlon yang akan dihelat pada Minggu 25 Oktober 2015. Di mana, akan dibagi dalam tiga kategori, yakni Olimpik (renang 1,5 km, sepeda 40 km, dan lari 10 km).


Kemudian ada kategori
sprint
(renang 500 meter, sepeda 20 km, dan lari 5 km), sedangkan di kategori terakhir ada 5K Fun Run. Melihat kondisi tersebut, tentu akan sulit bagi atlet pemula atau masyarakat awam yang ingin ikut serta dalam ajang tersebut.


Bahkan, atlet yang andal di salah satu cabang tersebut, tak menjamin bisa menjadi jawara
triathlon
. Sebab, selain membutuhkan fisik dan mental yang kuat, di setiap sesinya juga memiliki strategi dan tantangan tersendiri.


Mantan perenang nasional Indonesia, Richard Sambera, coba memberikan saran kepada masyarakat atau atlet yang baru turun kali pertama di triathlon. Salah satunya, fokus pada kecepatan diri sendiri.


“(Untuk persiapan) yang detailnya. Cek sepeda, sepeda harus dalam kondisi yang baik. Baju renang, kacamata dan sepatu lari harus cocok,” kata Richard Sambera kepada
VIVA.co.id.


“Saran saya untuk yang pertama kali ikut, race on your race. Jadi ikut pertandingan ini, jangan liat orang lain tapi dengan kecepatan sendiri saja. Karena tujuan utama,  yang pertama kali mengikuti Triathlon adalah untuk finis. Jangan ikut tanding sama orang lain, tujuannya untuk finis dalam kondisi masih baik,” sambungnya.


Atlet berusia 43 tahun ini menambahkan bila
triathlon
adalah olahraga yang menyenangkan, jadi atmosfer saat bertanding pun harus sama. Richard Sambera sendiri akan turut meramaikan Bali International Triathlon untuk yang ke delapan kalinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya