Jangan Salah Kaprah Soal Poin Penalti Rossi

Reaksi Valetino Rossi usai Marc Marquez terjatuh di GP Malaysia
Sumber :
  • crash.net
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Penalti tiga poin diberikan kepada Valentino Rossi atas aksinya 'menjatuhkan' Marc Marquez di MotoGP Malaysia 2015, akhir pekan kemarin. Hukuman tersebut, kontan membuat peluang The Doctor merebut gelar juara musim ini nyaris punah.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Sebab, dengan penalti itu Rossi harus memulai balapan seri pamungkas di Valencia dari posisi paling buncit. Situasi yang sulit, mengingat
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
rider Movistar Yamaha tersebut, kini cuma unggul tujuh poin atas rivalnya, Jorge Lorenzo.


Hukuman kepada Rossi mengacu kepada Article 3.2.1 FIM Road Racing World Championship Grand Prix Regulations. Namun, patut dicatat penalti tiga poin ini bukan berarti nilai The Doctor di papan klasemen dikurangi. Penalti tersebut, maksudnya adalah level pelanggaran.


Dalam regulasi itu tertulis, poin penalti berada dalam skala 1 hingga 10, dengan penerapan hukuman yang berbeda-berada. Poin tersebut, juga bersifat akumulatif dengan durasi 365 hari terhitung sejak keputusan dibuat.


Untuk Rossi, karena sebelumnya ia sudah terkena penalti satu poin di Misano, maka secara total dia sekarang mendapatkan penalti empat poin yang membuatnya secara otomatis dihukum harus memulai balapan selanjutnya di posisi paling akhir. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya