Lorenzo Anggap Wajar Bantuan Marquez dan Pedrosa di Valencia

Pembalap Tim Yamaha, Jorge Lorenzo
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Kesuksesan Jorge Lorenzo dalam meraih gelar juara dunia MotoGP 2015, tak lepas dengan adanya dugaan ‘bantuan’ dari pembalap Repsol Honda. Namun, pembalap Movistar Yamaha ini, melihat bantuan Marc Marquez dan Dani Pedrosa sebagai hal yang wajar.

Lorenzo meraih gelar juara dunia usai memenangi balapan GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, kemarin. Pembalap asal Spanyol itu berhasil menang dengan mudah, tak ada tekanan yang berarti dari Marquez dan Pedrosa yang berada di belakangnya.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

(Baca juga: Dituding Konspirasi dengan Lorenzo, Honda 'Serang' Rossi)

Padahal bila menyaksikan balapan yang berlangsung 30 lap itu, Marquez dan Pedrosa memiliki kesempatan untuk menyalipnya. Seperti di tiga putaran terakhir, namun keduanya tak terlihat ngotot untuk melakukan manuver.

Hasilnya, Rossi yang finis di posisi keempat dan memulai balapan dari posisi terakhir tak bisa berbuat banyak. Gelar juara dunia pun sirna, karena kalah lima poin dari Lorenzo yang menyelesaikan kompetisi dengan raihan 330 poin.

Usai balapan, Marquez dan Pedrosa menjadi sorotan tajam karena dinilai bermain aman di seri 18 ini. Rossi menyebut Marquez dan Pedrosa telah membantunya, meskipun keduanya sudah membantah tudingan tersebut.

Sementara itu, Lorenzo tak terlalu mempermasalahkan komentar dari rekan setimnya tersebut. Baginya, hal yang wajar bila pembalap sesama Spanyol saling membantu, dan Rossi juga dinilai akan melakukan hal yang sama bila ada di posisinya.

"Mereka tahu apa yang sedang saya hadapi. Faktanya mereka adalah orang Spanyol seperti saya, membantu saya. Itu membantu saya karena pastinya di balapan lainnya, mereka bakal mencoba menyalip, yang mana mereka tidak lakukan kali ini,” kata Lorenzo dikutip Crash.

"Jika Valentino (Rossi) ada di posisi saya dan ada para pembalap Italia di belakang mereka, mereka akan melakukan hal yang sama. Titel ini sepatutnya untuk Spanyol," sambung pembalap yang meraih gelar juara dunia MotoGP untuk yang ketiga kalinya.

(Baca juga: Terus Lancarkan Tuduhan ke Marquez, Rossi Bantah Putus Asa)

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria

Lorenzo sendiri sebelumnya mengatakan bila dia memang sukses mengalahkan Rossi dalam segala hal. Di mana, catatan statistik balapan Lorenzo di musim ini lebih baik dari milik Rossi.

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016