Tim Williams: FIA Salah Ukur Temperatur Ban Massa

Felipe Massa
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Frustrasi di GP Brasil, Alonso Lakukan Aksi-aksi Konyol
- Pembalap tim Williams, Felipe Massa, didiskualifikasi dari Grand Prix Brasil, Minggu, 15 November 2015. FIA menuding ban kanan belakang mobil pembalap tuan rumah itu terlalu panas, dengan 27 derajat lebih tinggi dari batas yang dibolehkan.

Kalahkan Hamilton, Rosberg Kampiun F1 GP Brasil

Rob Smedley dari Williams yang dikutip
Halangi Massa, Nasr Dijatuhi Penalti
Motor Sport , Senin, 16 November 2015, mengatakan sensor milik mereka memperlihatkan yang sebaliknya. Dia menyebut tidak tahu, mengapa pengukuran FIA bisa berbeda.


Alat infra merah milik FIA memperlihatkan temperatur ban Massa 137 derajat, sementara sensor milik Williams hanya 107 derajat. "Kami memiliki dua sensor independen," kata Smedley.


"Satu adalah PT1000 yang ada dalam selimut ban, yang memberitahukan kami temperaturnya. Hasilnya selalu sesuai dengan regulasi. Bahkan, terakhir kami membacanya saat dibawa ke grid hanya 104 derajat," ujarnya.


Smedley mengatakan Williams akan mengajukan banding. Dia memastikan sensor milik mereka lainnya, juga memperlihatkan temperatur hanya 107 derajat. "Jadi kedua sensor independen memperlihatkan hasil sesuai dengan regulasi."


"Kami memiliki data untuk mendukung itu. Sebagai tambahan, kami memiliki korelasi independen dari sensor selimut ban, dan sensor temperatur seperti yang digunakan FIA," kata Smedley.


Pirelli juga telah melakukan pengukuran, sehingga ada tiga sensor yang berlawanan dengan pengukuran dari FIA. Dia mengatakan persoalan itu krusial untuk ditelusuri. Smedley mengatakan belum tahu, mengapa terjadi perbedaan.


"Itulah mengapa kami telah memberikan pemberitahuan banding. Tidak ada penjelasan. Mereka mengatakan pada kami bahwa ini pengukuran yang jadi referensi, karena dilakukan FIA," kata Smedley.


Fakta pendukung lainnya adalah tidak adanya kenaikan tekanan ban, yang bakal terjadi apabila temperatur memang lebih tinggi dari standar. "Jika benar lebih tinggi 27 derajat, kita akan melihatnya (kenaikan tekanan)." (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya