MotoGP Indonesia: Ada Sirkut Alternatif Selain Sentul?

Direktur utama sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id -
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
Wacana Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2017 semakin mendekati kenyataan. Terakhir, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah menandatangani Letter of Intent (LoI) yang berisikan kesanggupan pemerintah membantu segala macam proses persiapan.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat selama ini menjadi satu-satunya alternatif venue tempat MotoGP 2017 digelar. Selain memiliki lokasi strategis, sirkuit tersebut hanya membutuhkan beberapa polesan untuk mencapai standar minimum yang ditetapkan oleh operator MotoGP, Dorna.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Namun, ternyata nama sirkuit Sentul tidak masuk di dalam LoI yang diajukan pemerintah kepada Dorna. Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.


"Di LoI tidak menyebutkan lokasi khusus, karena yang penting buat Dorna ada keseriusan dari pemerintah," beber Gatot kepada wartawan saat ditemui di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa 24 November 2015.


Kabar ini, tentu saja membuat posisi pengelola Sirkuit Sentul menjadi riskan. Pasalnya, beberapa waktu terakhir, tersiar kabar jika Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap untuk membuat sirkuit berskala internasional di daerahnya.


Jika keseriusan Pemprov Sumsel dalam membangun dan menyiapkan dana yang dibutuhkan, bukan tidak mungkin kesempatan Sirkuit Sentul yang sudah di depan mata akan lepas begitu saja.


Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, Gatot tidak mau menanggapi lebih jauh. "Yang penting Indonesia, dan demi merah putih," kilah dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya