Fakta-fakta Menarik di Seri Balapan F1 GP Abu Dhabi

Nico Rosberg.
Sumber :
  • REUTERS/Hamad I Mohammed.
VIVA.co.id -
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
Balapan Formula 1 (F1) musim ini sudah memasuki seri ke-19 dan akan berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu 29 November 2015 pukul 20.00 WIB. GP Abu Dhabi ini menjadi seri pamungkas musim ini.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Balapan yang akan menghabiskan 55 putaran di Sirkuit Yas Marina ini, memang sudah tidak menentukan gelar juara dunia. Sebab, Lewis Hamilton sudah mengunci gelar juara dunia di GP Amerika Serikat pada 25 Oktober lalu.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


Pembalap Inggris itu sudah mengumpulkan 363 poin sejauh ini, dan raihan tersebut sudah tak mampu dikejar oleh Nico Rosberg ataupun Sebastian Vettel. Meski begitu, bukan berarti balapan tidak akan berjalan menarik.


Sebab, ini menjadi duel akhir bagi Hamilton dengan rekan setimnya di Mercedes. Rosberg sukses mengalahkan Hamilton dalam dua seri sebelumnya di GP Meksiko dan Brasil. Maka, seri GP Abu Dhabi ini menjadi pembalasan terakhirnya.


Sekaligus menjadi penutup yang sempurna baginya untuk merayakan gelar juara dunia ketiga miliknya. Beruntung, Hamilton memiliki catatan baik dengan menjadi kampiun di musim lalu, sedangkan Rosberg tampil mengecewakan dengan hanya mampu finis di posisi ke-14.


Para pembalap akan mulai turun ke lintasan pada hari ini untuk memulai latihan bebas 1 pada pukul 16.00 WIB. Sebelum menyaksikan duel jet darat ini, simak dulu beberapa data dan fakta menarik dari GP Abu Dhabi dari situs resmi Formula One:


1.
Sirkuit Yas Marina memiliki panjang 5,554 kilometer, dan 21 tikungan (9 ke kanan, 12 ke kiri). Para pembalap akan melakoni 55 laps dengan jarak balapan 305,355 kilometer.


2.
Hanya ada 2 area untuk mengaktifkan Drag Reduction System (DRS) pada sirkuit Yas Marina. DRS bisa diaktifkan setelah genap 2 putaran awal balapan, atau 2 putaran setelah start ulang, atau 2 putaran setelah safety car meninggalkan lintasan.




3.
Balapan nanti akan menjadi gelaran GP Abu Dhabi yang ke-7 kalinya. GP Abu Dhabi pertama kali digelar pada 2009, kala itu Sebastian Vettel dari Red Bull keluar sebagai pemenangnya.


4.
Balapan terlama pada GP Abu Dhabi terjadi pada 2012, dengan catatan waktu 1 jam 45 menit 58,667 detik. Sedangkan balapan yang tercepat terjadi pada 2009 dengan raihan waktu 1 jam 34 menit 03,414 detik.


5.
Di musim sebelumnya, Mark Webber (Red Bull) berhasil meraih pole position dengan waktu 1 menit 39,957 detik. Namun, Sebastian Vettel yang berhasil meraih podium pertama, disusul Mark Webber dan Nico Rosberg dari Mercedes.


6.
Sebastian Vettel, Nico Rosberg, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, dan Jenson Button menjadi pembalap aktif yang terbanyak mengikuti seri Abu Dhabi, yakni 6 kali balapan.


7.
Sebastian Vettel menjadi pembalap yang sering memenangkan GP Abu Dhabi, yaitu 3 kali menang. Sedangkan Lewis Hamilton berada di posisi 2 dengan sudah meraih 2 kemenangan pada 2011 dan 2014. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya