Alonso: MotoGP dan WEC Lebih Baik dari Formula 1

Pembalap McLaren, Fernando Alonso
Sumber :

VIVA.co.id - Pembalap tim Mclaren, Fernando Alonso merasa Formula 1 perlu meninjau ulang format selama musim balap ini. Di mana, ia merasa diperlakukan tidak adil atas hukuman yang diterimanya pada awal Grand Prix Abu Dhabi, Minggu 29 November 2015.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Hal tersebut, juga seolah memancing Alonso untuk membandingkan apa yang terjadi di F1 saat ini, dengan format balapan di kategori lain.

Pria asal Spanyol tersebut, bahkan tak segan-segan menyebutkan bahwa pihak Federation International Automobile (FIA) sebagai induk dari penyelenggaraan ajang F1, agar bisa lebih konsisten dan logis dalam menjatuhkan hukuman, atau sanksi kepada para kontestan yang berlaga.

Terkait hukuman drive-through yang diterimanya, Alonso menyebut bahwa hal itu merupakan hukuman yang 'unik' dan mendesak FIA untuk dapat mencontoh World Endurance Championship (WEC) dan MotoGP, di mana kedua ajang balapan tersebut dianggap Alonso memiliki konsistensi penerapan hukuman yang lebih baik ketimbang F1.

Alonso diberi drive-through dan dua titik penalti saat berusaha untuk menyalip Maldonado Lotus di tikungan pertama sirkuit Yas Marina.

Tetapi, Alonso mengatakan, insiden itu dipicu oleh McLaren mendapatkan hit dari pembalap Sauber Felipe Nasr pergi ke zona pengereman.

Juara musim 2005/06 ini mengklaim, keputusan tersebut yang harus disalahkan dalam penurunan angka jumlah penonton F1.

"Mereka memukul saya di awal dan tanpa adanya kontrol. Saya menghampiri Maldonado dan mereka menjatuhkan hukuman pada saya. Namun, mereka (FIA) justru menyalahkan suara mobil sebagai penyebab mulai berkurang penonton di ajang ini," ungkap Alonso yang dilansir oleh Crash.

"FIA harus melihat ajang balapan kategori lain, seperti MotoGP atau WEC, di mana mereka sukses dengan bagaimana mereka konsisten menerapkan peraturan dan hukuman. Mereka perlu menggunakan akal sehat," sebut Alonso. (asp)

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022