Indonesia Kembali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Karate

Karateka putra Indonesia, Faizal Zainuddin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

VIVA.co.id - Untuk kali kedua, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Shotokan Karate-Do International Federation (SKIF).  Sebelumnya, Indonesia sukses menggelar Kejuaraan Dunia SKIF VII di Bali, April 2000, yang dibuka oleh Wapres RI, Megawati Soekarnoputri yang juga penyandang Dan 8 SKIF. 

Kali ini, Kejuaraan Dunia SKIF akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 22-28 Agustus 2016. Diperkirakan event itu akan diikuti 2.000 karateka dari 130 negara.

“Selain menjaga kepercayaan dunia, kejuaraan ini juga digelar sebagai bagian dari pembinaan prestasi karate di Indonesia. Apalagi, sebagian besar karateka Indonesia yang akan tampil dalam kejuaraan nanti merupakan karateka berprestasi international,” ujar Presiden & Chief Instructor SKIF Indonesia, Aldrin Tando, dalam dalam pernyataan resmi.
 
Aldrin berharap, Indonesia bisa meraih dwi sukses seperti saat perhelatan Kejuaraan Dunia pada 2000, yakni sukses sebagai tuan rumah maupun dalam prestasi. Pada penyelenggaraan SKIF VII 2000, Indonesia mampu meraih 5 medali emas, 2 perak dan 9 perunggu. Saat itu, Tim Merah Piutih berada di posisi 2 dunia di bawah Jepang yang merebut 9 emas, 7 perak, dan 13 perunggu.

Kejuaraan Dunia SKIF ini menarik, karena akan diikuti kelompok umur 10 hingga 75 tahun. Mengingat banyak kelompok anak-anak dan veteran, menurut kebiasaan, mereka akan didampingi juga para keluarga dan handai taulan yang menjadi suporter. Diharapkan Kejuaraan Dunia SKIF XII ini dapat mendatangkan lebih dari 5.000 orang dari mancanegara.

“Kami berharap Kejuaraan Dunia Karate SKIF XII ini akan menjadi event yang multifungsi. Meningkatkan prestasi atlet, menaikkan nama harum Indonesia secara international, dan mendatangkan devisa bagi Negara. Oleh karenanya, kami sangat berharap dukungan Pemerintah Pusat, Pemda DKI, PB Forki, media, dan pihak swasta.

Kejuaraan Karate SBY Cup Kembali Digelar

Kami telah diterima oleh Sekjen Kementerian Pariwisata, Wagub DKI dan Ketum PB Forki, yang memberikan  dukungan agar kejuaraan dunia berjalan sukses. Kami harapkan segala dukungan dapat diwujudkan secara konkret, dan Kejuaraan Dunia Karate SKIF XII ini bisa menjadi event nasional bagi masyarakat Indonesia,” tutur Aldrin Tando. (ren)

Para pengurus Lemkari beserta Menpan RCB, Yuddy Chrisnandi.

Menteri Yuddy Lantik Pengurus Anyar Lemkari

Berbagai program disampaikan Yuddy di periode kepengurusannya.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016