Kejurnas Wushu Junior, Siapkan Bibit Muda di Pentas Dunia

Ilustrasi Wushu
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Hari Ini, Indonesia Kembali Berpeluang Tambah Emas
- PB Wushu menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Junior Wushu, bertempat di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, 18-23 Desember 2015. Ajang ini jadi persiapan para atlet muda Indonesia, jelang Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2016.

Ditawari Main Film, Atlet Cantik Wushu Ini Justru Menolak

Dalam kejuaraan ini dipertandingkan sejumlah kategori wushu, seperti, Sanda, Chang Quan, Nan Quan, Taiji Quan, Daoshu, dan Jian Shu. Sekitar 830 atlet junior dari 17 provinsi ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini.
Bintang Film Ip Man Nongol di Kejuaraan Dunia Wushu


Khusus di kategori Sanda (tarung), partai puncak di semua kelas nomor putra dan putri telah rampung dipertandingkan. Sejumlah nama keluar sebagai juara, yang nantinya akan menjadi wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Junior Wushu 2015.


"Agenda ini kami maksudkan sebagai bentuk pembibitan usia muda. Di sini juga kami seleksi atlet-atlet muda yang akan dikirim ke Kejuaraan Dunia Junior Wushu 2016," ujar Ahmad Rifai, ketua Panitia Kejurnas Wushu Junior 2015 kepada wartawan, Senin 21 Desember 2015.


"Hingga saat ini kami terus melakukan persiapan untuk ke sana (Kejuaraan Dunia). Saat ini, IWUF (International Wushu Federation) belum menentukan waktu dan tempat penyelenggaraan, tapi yang jelas agenda persiapan harus tetap jalan," tutur Rifai yang juga pengurus PB Wushu.


Jawa Tengah mendominasi di kategori Sanda putra.  Tiga atlet asal Jawa Tengah, keluar sebagai juara di kategori Sanda, yakni, Laksamana Pandu (48 kg), Bayu Raka Putra (56 kg), dan Ilham Kusuma Jiwa (60 kg).


Di kelas 65 kg, keluar sebagai juara Krismen Titer dari Riau, sedang di kelas 70 kg atlet asal DKI Jakarta, Jason Fitono, menjadi yang terbaik.


Di nomor Sanda putri, wakil Kalimantan Timur, Erna Sari, keluar sebagai juara di kelas 48 kg. Kemudian, ada Afif Alfianti dari Jawa Tengah yang keluar sebagai juara di kelas 52 kg. Atlet asal Jawa Barat, Mega Awaliyah, menjadi yang terbaik di kelas 56 kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya