Ini Cara Menjadi Petarung One Pride MMA

David Eric Burke
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Keseruan Lomba Lari Berbalut Pesta Warna-warni
- Melalui program baru One Pride MMA, tvOne membuka jalan bagi para ahli bela diri Indonesia, untuk meniti karir sebagai petarung seni bela diri campuran (MMA). Penjaringan sudah dimulai oleh tvOne sejak Januari, hingga audisi yang dijadwalkan pada Februari 2016 mendatang.

One Pride BAMMA: Jeremy Petley vs Martin Stapleton

"Jika Anda memiliki klub, sudah berlatih MMA, kirim ke kita melalui email ke
Aksi Petarung Wanita Ini Bikin Ngeri Ketum KOBI
one.pride@tvone.co.id , kita proses untuk kualifikasi masuk One Pride MMA," kata Direktur PT Visi Media Asia Tbk (VIVA), David Burke, yang juga komentator One Pride BAMMA pada Jumat, 15 Januari 2016 di Jakarta.

Untuk mengenalkan MMA pada masyarakat Indonesia, tvOne telah meluncurkan program One Pride BAMMA, yang sudah mulai ditayangkan perdana pada 9 Januari lalu. "Melalui One Pride MMA, orang Indonesia bisa memiliki platform, untuk meniti karir sebagai petarung MMA," kata Burke.


One Pride MMA dimaksudkan sebagai kompetisi yang hanya melibatkan orang Indonesia. Namun, untuk langsung menggelarnya perlu waktu.


"Belum ada cukup petarung untuk itu. Wasitnya, jurinya," ucap Burke. Oleh karena itu ada proses penjaringan, pelatihan dan kompetisi yang akan dilakukan.


Burke yang juga menjadi komentator One Pride BAMMA, mengatakan ada banyak ahli bela diri di Indonesia, termasuk yang sudah menjadi petarung MMA. Sayangnya, belum ada kompetisi reguler, yang bisa mewadahi dan bisa menjadikan keahlian mereka sebagai karir.


"Kami mau mereka juga bisa menjadi superstar," kata pendiri PT Wellington Capital Advisory, yang sekilas tampak seperti bintang utama film Fast & Furious, Vin Diesel, itu. Agar sukses meniti karir di olahraga, disebut Burke butuh media yang menjadi wadah dan memberi jalan.


Ada banyak asosiasi MMA di dunia, seperti UFC (Ultimate Fighting Championship) dari Amerika Serikat (AS) dan BAMMA (British Association of Mixed Martial Arts) dari Inggris. Sementara itu, di Singapura ada OneFC yang telah memperluas diri ke Asia Tenggara.


Juara Indonesia


"Untuk One Pride MMA kita mulai di Indonesia dulu. Kita mencari juara-juara MMA dari Indonesia, yang siap dipromosikan ke level global. Jika hasil dari One Pride MMA bisa menjadi ambassador baru untuk MMA, bisa menaikkan para juara ke BAMMA, luar biasa bagi kami," kata Burke.


Semua warga Indonesia yang memiliki keahlian bela diri, bisa mendaftar melalui email ke alamat one.pride@tvone.co.id. Seleksi dilakukan melalui proses audisi pada Februari nanti.


"Jadwal pelatihan pertama pada Maret, kita harapkan dapat menjaring 16 petarung top untuk kompetisi sebelum Lebaran," kata pemilik akun Twitter @davidericburke itu.


Burke mengatakan usia yang ideal untuk mulai mempelajari MMA, adalah antara 16-17 tahun. Dan untuk memulai kompetisi adalah antara 22-23 tahun. Mereka yang telah memiliki dasar ilmu bela diri, biasanya membutuhkan waktu sekitar dua tahun, hingga siap menjadi petarung MMA.


Dia mengatakan ada banyak cabang bela diri di Indonesia, yang prospektif sebagai dasar menjadi petarung MMA, seperti tarung derajat, pencak silat, tinju, judo, karate. "Setelah masuk di MMA, ambil disiplin lain," kata Burke, yang mengaku telah menekuni ilmu bela diri sejak usia 19 tahun.


Pria asal Irlandia yang sudah memasuki usia 50 tahun itu awalnya mendalami Taekwondo. "Saya kemudian mempelajari tinju, lalu muay thai dan balik lagi ke tinju," katanya.


Tinju dipilihnya untuk menjaga kebugaran, karena itu yang menurutnya lebih mungkin dilakukan pada usia sekarang.


One Pride MMA akan ditayangkan setiap Sabtu pukul 22.00 WIB. Namun, proses pelatihan para petarung, juga akan disiarkan dalam bentuk acara realitas. "Penonton bisa melihat mereka sedang latihan, makan, interaksi dengan keluarganya, kompetisi dengan rekan-rekan petarung lain."


Pemenang musim pertama akan mendapatkan sabuk juara dan uang tunai. Semua petarung juga akan memperoleh bayaran di setiap pertandingan, serta komisi dari sponsor. Terbuka peluang besar untuk meniti karir di level global, karena One Pride MMA telah menandatangani kerjasama dengan BAMMA.


Juara One Pride MMA, nantinya bisa dipromosikan menjadi petarung BAMMA, maupun asosiasi MMA lainnya seperti One FC atau UFC. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya