Daud Yordan Menang, Ini Kata Menpora

Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Petinju Indonesia Daud Yordan berhasil mempertahankan gelar juara kelas ringan 61,2 kilogram (kg) World Boxing Organization (WBO) Asia Pasifik dan Afrika. Dia mengalahkan petinju Jepang, Yoshitaka Kato pada laga perebutan gelar di Jakarta, Jumat malam, 5 Februari 2016.

“Selamat buat Daud Yordan yang berhasil memenangi laga dan membawa Merah Putih tetap bisa berkibar di pentas tinju pro internasional. Berlatihlah lebih keras agar bisa meraih kembali menjadi juara dunia,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 6 Februari 2016.

Seperti diketahui, Daud Yordan berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan WBO Asia Pasifik dan Afrika lewat kemenangan angka 88-84, 97-84 dan 88-83. Laga terpaksa dihentikan pada ronde 9 karena pelipis Daud sobek dan mengucurkan darah akibat benturan dengan kepala Kato.

Keberhasilan petinju asal Kalimantan Barat tersebut mempertahankan sabuk juara kelas ringan WBO Asia Pasifik merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, dia menang unanimous decision atas Maxwell Awuku pada awal Juni 2015 di Surabaya, Jawa Timur. 

Cino, sapaan Daud Yordan, meraih gelar WBO Asia Pasifik setelah mengkanvaskan petinju Filipina Ronald Ponttilas pada laga di Pontianak, akhir 2014. 

“Semoga Daud Yordan segera bisa menjadi juara dunia di kelas ringan," kata Imam. "Dia merupakan harapan terdekat bagi rakyat Indonesia yang ingin bangga memiliki kembali juara dunia di ring tinju," ujar Imam menambahkan.

Daud pernah menyandang gelar juara dunia kelas bulu WBO. Namun, ia kehilangan gelar itu setelah kalah TKO di ronde ke-12 dari penantangnya asal Afrika Selatan Simpiwe Vetyeka, pada April 2013.

Dicela Bangsa Sendiri, Kostum Indonesia Dipuji Dunia

Simpiwe merebut gelar juara dunia kelas bulu WBA dari tangan petinju andalan Indonesia lainnya, Chris John lewat kemenangan TKO pada akhir 2013.

(mus)

Menpora: Atlet-atlet Indonesia Siap Berjuang di Olimpiade
Reaksi petinju China setelah sadar salah mengira dirinya menang.

Reaksi Sedih Petinju China, Setelah Mengira Menang

Dia sempat kebingungan melihat lawannya ikut selebrasi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016