Takut Virus Zika, Atlet AS Tolak Tampil di Olimpiade Brasil?

Pemandangan Kota Rio de Janeiro, Brasil, dengan stadion megahnya.
Sumber :
  • Komite Olimpiade Rio de Janeiro 2016
VIVA.co.id
Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade
- Ketakutan akan virus Zika muncul di berbagai negara. Ini juga yang dialami oleh atlet-atlet Amerika Serikat yang akan tampil di Olimpiade Rio de Janiero.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya

Bahkan, muncul kabar kontingen AS diminta untuk berpikir ulang untuk tampil di Brasil. Kabar ini akhirnya dibantah oleh Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC).
Hendra Setiawan Ungkap Rencana Masa Depan Kariernya


"Laporan bahwa USOC menyarankan atlet AS untuk berpikir ulang untuk bersaing di Rio karena ada virus Ziga adalah 100 persen tidak tepat," kata juru bicara USOC, Patrick Sandusky seperti dilansir
France24
.


"Tim AS menatap Oimpiade dan kami tak pernah, dan tak akan pernah mencega atlet untuk berkompetisi jika negara mereka lolos," lanjut dia.


Sandusky juga menegaskan jika USOC sudah menggelar diskusi dengan para pemimpin federasi olahraga di Amerika mengenai potensi penularan virus Zika. Virus yang disebarkan oleh nyamuk ini memang cepat menyebar di Amerika Latin.


Menurut catatan Pan American Health Organization (PAHO), setidaknya ada 26 negara di Amerika Latin yang telah terinveksi virus Zika. Namun, penyelenggara Olimpiade menjamin musim nyamuk akan berakhir saat Olimpiade dimulai pada 5 Agustus 2016, sehingga virus ini tak akan mengganggu agenda olahraga 4 tahunan ini.


"Zika merupakan masalah kesehatan dunia. Namun, karena karakteristik iklim, ini tak akan menjadi isu Olimpiade," kata Menteri Olahraga Brasil, George Hilton. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya