Rossi Keluhkan Penggunaan Sayap pada YZR-M1

Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Valentino Rossi memberikan kritikan kepada desain motor Yamaha YZR-M1 untuk balapan MotoGP 2016. Pembalap asal Italia tersebut menilai sayap pada bagian motornya tidak memiliki dampak yang berarti.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Pada sesi latihan yang berlangsung di Sirkuit Sepang Malaysia, Rossi sudah mengaku nyaman dengan mesin pada motornya. Bahkan, walau tak memaksa kerja maksimal, motornya sudah hampir menyamai catatan waktu milik Jorge Lorenzo.

Namun, dia menyatakan kurang setuju dengan penggunaan asesoris yang terdapat di bodi depan yang seperti sayap itu. Bagi runner up musim lalu itu, sayap tersebut tidak menambah hasil catatan waktu dan hanya seperti aksesoris saja.

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria

http://media.crash.net/original/PA1789783.0008.jpg

“Saya mencoba motor baru saat uji coba, karena mereka membuat desain yang berbeda. Namun jujur saya tak merasakan perbedaan dari perubahan tersebut. Saya lebih suka motor tanpa sayap, dan itu terlihat lebih cantik,” kata Rossi di situs resmi MotoGP.

Bukan Yamaha saja yang menggunakan sayap pada motornya, ini juga dilakukan oleh Ducati pada motor Desmosedici. Namun, Ducati merasakan fungsi dari sayap tersebut karena secara tidak langsung memberi tekanan pada roda depan agar saat tarikan, agar roda depan tidak terangkat.

Walau begitu, juara dunia 7 kali ini sudah puas dengan kinerja timnya selama sesi tes yang berlangsung tiga hari di Malaysia. Baginya, ECU dan ban baru dari Michelin sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Di luar hal itu, teknisi tim telah membuat pekerjaan yang sangat baik dengan perangkat elektronik (ECU) dan ban Michelin yang baru. Namun, semua masih dalam keadaan baik,” ujar pembalap berusia 36 tahun ini. (one)

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016